KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL MMP BERBANTUAN CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATERI DIMENSI TIGA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Noviana Pramudiyanti
Dwijanto Dwijanto
Darmo Darmo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh materi pembelajaran dengan model pembelajaran MMP dapat mencapai ketuntasan, mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh materi pembelajaran dengan model pembelajaran MMP lebih baik daripada  kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh materi pembelajaran dengan pembelajaran ekspositori, dan mengetahui apakah terdapat pengaruh keaktifan siswa yang memperoleh materi pembelajaran dengan model MMP terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Wonosobo tahun pelajaran 2012/2013. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih sampel yaitu siswa kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran ekspositori dan kelas X-5 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model MMP berbantuan Cabri 3D. berdasarkan hasil uji ketuntasan individual dan klasikal, diperoleh ketuntasan belajar dalam kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji perbedaan dua rata-rata, diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana, diperoleh adanya pengaruh keaktifan siswa kelas eksperimen terhadap kemampuan berpikir kreatif. Simpulan yang diperoleh yaitu pembelajaran dengan model MMP mencapai ketuntasan, rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada model MMP lebih tinggi dari pada rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran ekspositori, dan terdapat pengaruh positif keaktifan siswa pada model pembelajaran MMP terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Noviana Pramudiyanti, Semarang State University

Mathematics departement

Dwijanto Dwijanto, Semarang State University

Mathematics departement

Darmo Darmo, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Pramudiyanti, N., Dwijanto, D., & Darmo, D. (2013). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL MMP BERBANTUAN CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATERI DIMENSI TIGA. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i2.3342

References

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP

Budiman, H. 2011. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Cabri 3D. Artikel Ilmiah FMIPA UPI. Bandung
Career Center Maine Departement of Labor. 2004. Today’s Work Compentence in Maine. [Online].Tersedia:http://www.maine.gov/labor/lmis/pdf/EssentialWorkCompentencies.pdf. [1 Mei 2013]

Good, T.L & Doughlas A. Grows. 1979. The Missouri Mathematics Effectiveness Project (MMEP): An Experimental Study in Fourth-Grade Classrooms. Journal fo Educational Psychology Vol. 71 (3). 355-362

Munandar, U. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Nurfianty, P. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Ruseffendi, H.E.T. 2010. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito Bandung
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Siswono, T.Y.E. 2011. Level of Student’s Creative Thinking in Classroom Mathematics. Educational Research and Review Vol. 6 (7). 548-553

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta