KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DAN COGNITIVE GROWTH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Kiswandi Kiswandi
Edy Soedjoko
Putriaji Hendikawati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan model Concept Attainment lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model Ekspositori, apakah kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan menggunakan model Cognitive Growth lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan model Ekspositori, dan apakah kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan menggunakan model Concept Attainment lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model Cognitive Growth. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak, didapatkan dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan belajar individual, uji ketuntasan belajar klasikal, uji anava, dan uji LSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan model pembelajaran Concept Attainment tidak berbeda secara signifikan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Cognitive Growth, namun kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan model pembelajaran Concept Attainment maupun Cognitive Growth lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Kiswandi Kiswandi, Semarang State University

Mathematics departement

Edy Soedjoko, Semarang State University

Mathematics departement

Putriaji Hendikawati, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Kiswandi, K., Soedjoko, E., & Hendikawati, P. (2013). KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DAN COGNITIVE GROWTH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i3.3361

References

Aritonang, Keke T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 10(7): 11-21. Diunduh di jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/710081121.pdf [diakses 28 Oktober 2012].

BSNP. 2006. Standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTS. Jakarta: BNSP.

Hiele, V.P.M. 1999. Developing Geometric Thingking through Activities That Begin with Play. Teaching Children Mathematics, 5(6): 310-316. NCTM. Diunduh di http://print.nycenet.edu/NR/rdonlyres/0EFD73D4-340A-42E2-8EB4-3BC2A6B05603/38319/30vanHielePlay.pdf [diakses 20 Februari 2012].

Hudiono, B. 2006. Metakognisi dan Multi Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Konferensi Nasional Matematika XIII. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Joyce, B. & Marha W. 1980. Models of Teaching (Second Edition). New Jersey: Prentice/Hall International.

Kalani, A. 2009. A Study of The Effectiveness of Concept Attainment Model Over Conventional Teaching Method for Teaching Scince in Relation to Achievement and Retention. International Research journal, 2(5): 436-437. Diunduh di http://www.ssmrae.com/admin/images/7e50834c0889d6c56cbfe1ecc3b8d005.pdf [diakses 5 Januari 2012].

Mulyati, S. 2000. Cara Menguasai Konsep, Definisi, dan Teorema dalam Geometri. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya, 6(2): 79-89.

Singh, P. K. 2011. Effectiveness of Concept Attainment Model on Mental Process and Science Ability. Recent Research in Scince and Technology, 3(6): 22-24. Diunduh di http://recent-science.com/article/viewFile/6707/3418 [diakses 5 Januari 2012].

Suherman, E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (Edisi Revisi). Bandung: JICA UPI.
Sunoto, U. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pembelajaran Kontruktivisme Melalui Metode Penemuan Berbasis CD Materi Segi Empat. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Matematika V. Semarang 24 Oktober.