PENGEMBANGAN KARAKTER MANDIRI DAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MMP PENDEKATAN ATONG MATERI GEOMETRI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Masriah Masriah
Sukestiyarno Sukestiyarno
Bambang Eko Susilo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan pembelajaran yang efektif, (2) mengetahui deskripsi karakter mandiri siswa; (3) mengetahui deskripsi keterampilan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan populasi siswa kelas VIII SMP 1 Karanganyar Demak tahun pelajaran 2014/2015, sampel siswa kelas VIII B dan dipilih 5 subjek penelitian dari kelas tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan tes. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis uji ketuntasan, uji pengaruh, uji gain dan kualitatif deskriptif. Simpulan yang diperoleh adalah (1) pembelajaran matematika dengan model MMP pendekatan ATONG pada materi geometri kelas VIII efektif terhadap karakter mandiri dan kemampuan pemecahan masalah siswa; (2) deskripsi karakter mandiri siswa adalah S-1 mempunyai karakter mandiri yang baik, S-2 dan S-3 mempunyai karakter mandiri yang cukup baik, S-4 dan S-5 mempunyai karakter mandiri yang kurang; (3) deskripsi keterampilan pemecahan masalah siswa adalah S-1, S-2, S-3, S-4 dan S-5 dalam mengerjakan soal menjadi terbiasa dengan langkah-langkah pemecahan masalah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Masriah, M., Sukestiyarno, S., & Susilo, B. (2015). PENGEMBANGAN KARAKTER MANDIRI DAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MMP PENDEKATAN ATONG MATERI GEOMETRI. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7598

References

Anghileri, J. 2006. Scaffolding Practices That Enhace Mathematics Learning. Springer. Journal of Mathematics Teacher Education 9: 33–52.

Balitbang. 2013. Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013 untuk Perbaikan Mutu Pendidikan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.

Asmani, J.M. (2013). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Good, T.L. & D.A. Grouws. 1979. The Missouri Mathematics Effectiveness Project: An Experimental Study in Fourth-Grade Classrooms. Journal of Educational Psychology, 71(3): 355-362.

Hargis, J. The Self-Regulated Learner Advantage: Learning Science on the Internet. Online. Tersedia di http://wolfweb.unr.edu/homepage/crowther/ejse/hargis.html [diakses 30-01-2015]

Hidayati, K. & E. Listiyani. 2010. Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 14(1): 84-99.

Ifamuya, A.S. & Ajilogba, S. (2012) A Problem Solving Model as a Strategy for Improving Secondary School Students achievement and Retention in Further Mathematics. ARPN Journal of Science and Technology. 2(2): 122-130 ISSN 2225-7217.

Kemendiknas, 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

Krismanto, A. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah PPPG Matematika
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Perels et al. 2005. Training of self-regulatory and problem-solving competence. Journal Learning and Instruction. 15(2005): 123-139.

Sharon et al. Encouraging Self-Regulated Learning in the Classroom. A review of literature. Virginia Commonwealth University. October 2011.

Song, L. & J.R. Hill. 2007. A Conceptual Model for Under Standing Self-Directed Learning in Online Environments. Journal of Interactive Online Learning, 6(1). University of Georgia.

Sukestiyarno. 2012. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang: Unnes.

Sukestiyarno. 2013. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan ATONG Berbasis Pendidikan Karakter Materi Operasi Bilangan Kelas IV. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional dengan Tema: Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013, Sabtu 26 Oktober 2013.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wardhani, et al. 2010. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP. Modul disajikan dalam Program Bermutu Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.