KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN ALAT PERAGA MANDIRI TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS-VII

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ema Khoerunnisa
Isti Hidayah
Kristina Wijayanti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 41 Semarang menggunakan pembelajaran TTW berbantuan alat peraga mandiri mencapai nilai minimal 75, untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas-VII SMP Negeri 41 Semarang menggunakan pembelajaran TTW berbantuan alat peraga mandiri lebih baik dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui apakah tingkat percaya diri siswa kelas-VII SMP Negeri 41 Semarang menggunakan pembelajaran TTW berbantuan alat peraga mandiri lebih tinggi dari tingkat percaya diri siswa menggunakan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 41 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dengan metode dokumentasi dan metode tes. Data hasil tes kemampuan komunikasi matematis dianalisis menggunakan uji ketuntasan rata-rata dan uji banding rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas-VII SMP Negeri 41 Semarang yang menggunakan pembelajaran TTW berbantuan alat peraga mandiri mencapai nilai minimal 75; (2) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas-VII SMP Negeri 41 Semarang menggunakan pembelajaran TTW berbantuan alat peraga mandiri lebih baik dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional; dan (3) tingkat percaya diri siswa kelas-VII SMP Negeri 41 Semarang menggunakan pembelajaran TTW berbantuan alat peraga mandiri lebih tinggi dari tingkat percaya diri siswa menggunakan pembelajaran konvensional.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Khoerunnisa, E., Hidayah, I., & Wijayanti, K. (2016). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN ALAT PERAGA MANDIRI TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS-VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i1.8609

References

Huinker, D. & C. Laughlin. 1996. Talk You Way into Writing. In. P. C. Elliot and M.J. Kenney (Eds). Years Book 1996. Communication in Mathematics K-12 and Beyond. USA: NCTM
National Council of Teacher of Mathematics. 2006. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: Author
Santrock, J. W. 2003. Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga
Sugandi, A. I. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis. STKIP Siliwangi.
Suyanto, Edy. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Strategi TTW (Think Talk Write) Berbasis Learning Journal Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematis Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Semarang: Program Pasca Sarjana Unnes.
Tim PPPG Matematika. 2005. Materi Pembinaan Matematika SMP di Daerah Tahun 2005. Yogyakarta: PPPG Matematika.
Widiastuti, Endah.2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Minggir Sleman Melalui Strategi Think-Talk-Write (TTW).Skripsi. Yogyakarta: UNY.