PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGEMBANGAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VII MELALUI MODEL PBL BERBANTUAN SCAFFOLDING

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Novy Kris Zaini
Wuryanto Wuryanto
Hery Sutarto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar dengan model PBL berbantuan scaffolding pada materi pokok segiempat kelas VII dapat mencapai KKM yang ditetapkan, (2) apakah pembelajaran matematika dengan model PBL berbantuan scaffolding pada materi pokok segiempat kelas VII dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pilihan, (3) apakah pembelajaran matematika dengan model PBL berbantuan scaffolding pada materi pokok segiempat kelas VII dapat meningkatkan karakter rasa ingin tahu peserta didik pilihan. Desain penelitian ini adalah concurrent triangulation (campuran kuatitatif dan kualitatif secara seimbang), menggabungkan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif untuk digunakan secara bersama-sama dalam suatu kegiatan penelitian, sehingga diperoleh data yang lebih komprehensif, valid, reliabel dan obyektif. Penentuan sumber data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, yaitu menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif, sedangkan tes dan observasi dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan analisis gain untuk mengukur peningkatan. Analisis kualitatif menunjukkan karakter rasa ingin tahu dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik meningkat, serta kemampuan pemecahan masalah peserta didik mencapai KKM melalui model pembelajaran PBL

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Zaini, N., Wuryanto, W., & Sutarto, H. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGEMBANGAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VII MELALUI MODEL PBL BERBANTUAN SCAFFOLDING. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i1.9339

References

Bilgin, Ibrahim.2009.The Effects of Problem-Based Learning Instruction on University Student’ Perfomance of Conceptual and Quantitative Problems in Gas Concepts.Eurasia Journal of Mathematics,Science & Technology Education.EURASIA. 5(2), 153-156.
Kashdan B.Todd, Rose,Frank.2004. Curiosity and Exploration: Facilitating PositiveSubjective Experiences and Personal Growth Opportunities. JOURNAL OF PERSONALITY ASSESSMENT,82(3), 291–305.
Muslich, M. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
PISA. 2012. Perfonmance of U.S 15-Year-Old Students in Mathemtics, Science, and Reading Literacy in an International Context. NCES
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tersedia di www.inherent_dikti.net/files/sisdiknas.pdf [diakses 15-01-2015]

Utami, W.N. 2014.Keefektifan Model Pembelajaran Problem Solving BerbasisGallery Walk terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah.Unnes Journal ofMathematics Education Vol. 3 No. 2, Agustus 2014.
Wagiran. 2007. Peningkatan Keaktifan Mahasiswa dan Reduksi Miskonsepsi melalui Pendekatan Problem based learning. Jurnal kependidikan, 37(1): 1-22.
Wulandari, A.N. 2013.Pengembangan Karakter dan Pemecahan Masalah melalui Pembelajaran Matematika dengan Model TAPPS.Unnes Journal ofMathematics Education Vol. 2 No. 3, November 2013.