ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR SISWA DLAAM MODEL PROBLEM BASED LEARNING

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Meilia Mira Lestanti
Isnarto Isnarto
Supriyono Supriyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari karakteristik siswa dalam model Problem Based Learning. Anthony Gregorc, dalam DePorter & Hernacki, membagi siswa ke dalam 4 tipe karakteristik cara berpikir antara lain sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret, dan acak abstrak. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Semarang, yang dipilih dari masing-masing tipe 2 subjek penelitian secara purposive sample. Subjek dalam penelitian ini dipilih dengan mempertimbangkan penjelasan guru mengenai kemampuan siswa mengemukakan pendapat atau jalan pikiran secara lisan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket karakteristik cara berpikir siswa, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan tahap-tahap yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dengan karakteristik cara berpikir tipe sekuensial abstrak lebih tinggi daripada siswa dengan karakteristik cara berpikir tipe sekuensial konkret, acak konkret, dan acak abstrak

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Lestanti, M., Isnarto, I., & Supriyono, S. (2016). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR SISWA DLAAM MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i1.9343

References

Arends, R. I. 2012. Learning to Teach. New York: Mc Graw-Hill.
Bancong, H. 2014. Studi Kualitatif Gaya Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Fisika. Berkala Fisika Indonesia, 6(1): 11-17. Tersedia di http://journal.uad.ac.id/index.php/BFI/article/download/354/243 [diakses 27-01-2015].
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
DePorter, B. & M. Hernacki. 2004. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Dick, W. & Carey, L. 2005. The Sistematic Design Of Instruction. New York: Harper Collins College Publisher.
Gregorc, A. F. 1985. Inside styles: Beyond the basics. Columbia: Gregorc Associates.
Mariya, D. et al. 2013. Keefektifan Pembelajaran SAVI Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2): 40-47. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/ sju/index.php/ujme/article/view/3337/3078 [diakses 14-08-2015].
Mullis, I. V. S. et al. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Tersedia di http://timssandpirls.bc.edu/timss2011/international-results-mathematics.html [diakses 12-01-2015].
Myers, B. E. & J. E. Dyer. 2006. The Influence of Student Learning Style on Critical Thinking Skill. Journal of Agricultural Education, 47(1): 43-52. Tersedia di http://pubs.aged.tamu.edu/jae/pdf/Vol47/47-01-043.pdf [diakses 10-08-2015].
NCTM. 2010. Why Is Teaching With Problem Solving Important to Student Learning?. Tersedia di http://www.nctm.org/uploadedFiles/ Research_News_and_Advocacy/Research/Clips_and_Briefs/Research_brief_14_-_Problem_Solving.pdf [diakses 24-04-2014].
OECD. 2014. PISA 2012 Results in Focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know. Tersedia di http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf [diakses 12-01-2015].
Oguz-unver, A. & S. Arabacioglu. 2011. Overviews On Inquiry Based And Problem Based Learning Methods. Western Anatolia Journal of Educational Sciences (WAJES). Tersedia di http://web.deu.edu.tr/baed/giris/ baed/ozel_sayi/303-310.pdf [diakses 01-02-2015].
Polya, G. 1973. How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Princeton University Press.
Saad, N. S. & S. A. Ghani. 2008. Teaching Mathematics in Secondary School: Theories and Practices. Perak: Universiti Pendidikan Sultan Idris.
Setiawan, D. et al. 2014. Keefektifan PBL Berbasis Nilai Karakter Berbantuan CD Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(1): 15-20. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/ article/view/3431/3098 [diakses 14-08-2015].
Thompson, J. G. 2002. First-Year Teacher's Survival Kit: Ready-to-Use Strategies, Tools and Activities for Meeting the Challenges of Each School Day (Paperback). US: Jossey-Bass Inc.
Zollinger, S. W. & B. Martinson. 2010. Do All Designers Think Alike? What Research Has To Say. Institute for Learning Styles Journal, 1(Spring): 1-15. Tersedia di http://www.auburn.edu/academic/ education/ilsrj/PreviousIssues/ PDFs/Spring2010.pdf [diakses 10-08-2015].

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7