Potensi Implementasi Computational Thinking pada Pembelajaran Fisika
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi implementasi Computational Thinking (CT) pada pembelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Metode SLR disajikan dalam bentuk analisis data berupa deskriptif-kualitatif. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu beberapa artikel jurnal internasional terakreditasi yang terbit di jurnal penelitian dengan populasi sampelnya yaitu beberapa artikel jurnal yang berkaitan dengan computational thinking dalam pembelajaran fisika. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan mereview semua artikel mengenai computational thinking dan pembelajaran fisika yang diterbitkan dalam kurun waktu 2012-2021. Artikel jurnal didokumentasikan melalui database Google Scholar dengan bantuan aplikasi Publish or Perish. Dari berbagai artikel jurnal penulis memilih 11 artikel jurnal yang terkait erat dengan kata kunci yang digunakan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, Computational Thinking dapat diimplementasikan pada pembelajaran Fisika karena berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran, pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, hasil belajar dan keefektifan belajar siswa. meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi. Kendala tersebut di antaranya masih kurangnya penanaman konsep, pengetahuan siswa tentang teknologi, pengetahuan awal siswa, sikap siswa, dan pengalaman siswa tentang pendekatan pembelajaran. Computational Thinking sebagai pendekatan pembelajaran dapat dikolaborasikan (digabungkan) dengan pendekatan dan metode lain seperti Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning), Pembelajaran Berbasis Inkuiri (Inquiry Based Learning), STEM atau STEAM, dan juga Computer Assisted Instruction (CAI) seperti Scratch dalam pembelajaran sains.