ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS CALON GURU FISIKA PADA PEMBELAJARAN GELOMBANG BERBASIS OPEN INQUIRY
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keterampilan berpikir kritis dan kemampuan argumentasi bagi generasi bangsa untuk siap menghadapi tantangan abad ke 21. Data tentang masih rendahnya keterampilan berpikir kritis dan kemampuan argumentasi peserta didik dari sejumlah hasil penelitian terdahulu menjadi indikasi krusialnya masalah untuk diatasi. Berbagai upaya seperti pengembangan bahan ajar, model pembelajaran, maupun media telah dilakukan para peneliti sebelumnya untuk mengatasi masalah yang berfokus pada peningkatan kompetensi peserta didik. Pada penelitian ini fokus inovasi yang dilakukan adalah menyiapkan calon guru Fisika yang memiliki kompetensi kemampuan argumentasi dan berpikir kritis sehingga dapat menghantarkan mereka menjadi guru yang profesional. Mata kuliah gelombang dipilih sebagai objek penelitian karena materi ini mengkaji tentang fenomena Fisika yang dekat dengan kehidupan mahasiswa sehari-hari. Dari analisis literatur diketahui bahwa kemampuan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan dengan menerapkan pembelajaran berbasis inkuiri. Oleh karena itu, bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis calon guru fisika setelah diterapkannya pembelajaran gelombang berbasis open inquiry dengan pendekatan metode ATM (amati, tiru, dan modifikasi). Pendekatan ATM ditujukan untuk memberikan ruang gerak kepada calon guru untuk berinovasi yang secara simultan juga melatih kemampuan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian experimental design dengan jenis penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini ialah 34 mahasiswa calon guru fisika Universitas Negeri Semarang yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling, yaitu mahasiswa program studi Pendidikan Fisika kelas regular yang diampu oleh dosen payung. Data peningkatan kemampuan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa diperoleh melalui tes. Hasil penelitian ini menujukkan adanya peningkatan kemampuan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru fisika pada pembelajaran gelombang berbasis open inquiry. Hasil ini ditunjukkan dengan perolehan nilai N-Gain kemampuan argumentasi sebesar 0,68 dan keterampilan berpikir kritis sebesar 0,53. Peningkatan kedua kemampuan ini dikategorikan sebagai peningkatan sedang.