Kemampuan Menaksir Ukuran Pada Siswa SMA
Abstract
Kemampuan menaksir ukuran merupakan salah satu jenis keterampilan proses sains yaitu “menafsirkan (interpretasi)”. Menaksir ukuran adalah kemampuan siswa dalam mengira-ngira atau menyamakan ukuran suatu benda dengan hasil pengukuran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap kemampuan siswa SMA dalam menaksir ukuran, mengidentifikasi perbedaan kemampuan menaksir ukuran besaran antar siswa kelas XII di suatu SMA negeri di kecamatan Donorojo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-eksploratif. Kemampuan menaksir ukuran diukur menggunakan instrumen tes lisan dan wawancara. Hasil penelitian menggunakan tes lisan dan wawancara menunjukkan bahwa kemampuan siswa SMA dalam menaksir ukuran besaran fisika masih rendah. Kemudian terdapat persamaan kemampuan menaksir panjang spidol pada kelas XII IPA 1, XII IPA 2, dan XII IPA 4, sedangkan pada kelas XII IPA 2 dan XII IPA 5 terdapat perbedaan kemampuan. Terdapat persamaan kemampuan menaksir massa batu bata pada kelas XII IPA 3 dan XII IPA 4, sedangkan pada kelas XII IPA 1, XII IPA 2 dan XII IPA 5 terdapat perbedaan kemampuan. Terdapat persamaan kemampuan menaksir suhu air pada kelas XII IPA 3 dan XII IPA 4, sedangkan pada kelas XII IPA 1, XII IPA 2 dan XII IPA 5 terdapat perbedaan kemampuan. Pada soal tentang menaksir diameter spidol, menaksir luas figura, menaksir volume air dan menaksir waktu (durasi video) terdapat perbedaan kemampuan pada kelima kelas. Hasil wawancara menunjukkan bahwa besaran panjang merupakan besaran yang paling mudah ditaksir oleh siswa dan besaran diameter merupakan besaran yang sulit ditaksir oleh siswa.