PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN SOCIAL SKILL SISWA

R. Lestari(1), S. Linuwih(2),


(1) Gdg. D7 Lt. 2 Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang, 50229
(2) Gdg. D7 Lt. 2 Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang, 50229

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui pengaruh proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks pemecahan masalah terhadap peningkatan social skill siswa. Pada proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks pemecahan masalah siswa dibagi dalam kelompok-kelompok dan satu kelompok terdiri dari dua orang. Setiap kelompok berdiskusi untuk menyelesaikan suatu masalah, kemudian hasil diskusi kelompok akan dicek oleh pasangan dari kelompok lain. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan angket skala sikap, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Social Skill siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hal ini didapatkan dari data angket skala sikap siklus I ke siklus II ketuntasan klasikalnya meningkat dan sebagian besar siswa sudah memiliki social skill yang baik. Hasil belajar kognitif siswa juga mengalami peningkatan. Model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks pemecahan masalah dapat meningkatkan social skill siswa.


This two cycles-action research aimed to know learning process applying cooperative learning model-pair checks problem solving type and improvement of student’s social skills. The process of the model was as follows: deviding students into some groups consisting of two students, solving problem by each group and checking result of the discussion by other groups. Data collection method used was test and the use of attitude scale questionnaire, while technique of data analysis used was quantitative data analysis technique. The data analysis result showed that there was an increase of student’s social skill and students’ achievement from cycle one to two. It is concluded that cooperative learning model-pair checks problem solving type can enhance student’s social skills

Keywords

Cooperative type Pair Checks; Problem Solving; Social Skill

Full Text:

PDF

References

Anni, Catharina Tri. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK Unnes.

Danasasmita, Wawan. 2008. Model-Model Pembelajaran Alternatif. Bandung: UPI.

Hergenhanh,B.R. & M.H olson. 2008. theories of learning (teori belajar )(7th ed). Translated by Tri,W.B.S. 2008. Jakarta: Prenada Media Group.

Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning. Jakarta : PT Gramedia.

Nusantari, Elya. Dukalang, Ravika. Lamuhu, Listian. 2008. Peningkatan Keterampilan Belajar Biologi Melalui Model Kooperatif Tipe Pair Checks Siswa Kelas II SMPN 2 Gorontalo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Volume 15, Nomor 1.

Pamukkale. 2008. Effects of Cooperative Learning Method of Pairs Check Technique on Reading Comprehension. Elementary Education Online, 7(3), 748-757.

Slavin Robert, E. 2010. Cooperative Learning: Applying Contact Theory in Desegrated Schools. Journal of Social Issues. Vol. 41 Issue 3: 45-62

Sugandi, Achmad, dkk. 2007. Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES Press.

Subratha, Nyoman. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Dan Strategi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii C Smp Negeri 1 Sukasada. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan, (2), 135-147.

Webster, Carolyn S. Jamila, Reid M. 2004. Strengthening Social and Emotional Competence in Young Children—The Foundation for Early School Readiness and Success Incredible Years Classroom Social Skills and Problem-Solving Curriculum. Infants and Young Children Vol. 17, No. 2, pp. 96–113.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License