EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN HIPERTEKS BERBASIS ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR STRUKTUR ATOM

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Taufik Hikmawan Yudistira
Antonius Tri Widodo
Nurwachid Budi Santoso

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan pembelajaranhiperteks berbasis animasi terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitianadalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Polokarto tahun ajaran 2011/2012 sebanyak144 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengancluster random sampling. Sampel penelitian yang terpilih adalah siswa kelas X-1sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Teknikpengumpulan data yang digunakan meliputi metode dokumentasi, tes, danobservasi. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data awalpopulasi penelitian, tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar kimiaaspek kognitif siswa, sedangkan metode observasi digunakan untuk mengetahuihasil belajar siswa dalam aspek afektif dan psikomotorik siswa. Berdasarkan hasilpenelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran hiperteks yang berbasiskananimasi efektif terhadap hasil belajar kimia siswa yang ditunjukkan denganketuntasan belajar siswa dengan memperoleh thitung sebesar 8,7. Artinyaketuntasan belajar siswa kelas eksperimen > 65. Nilai rata-rata kelas eksperimenlebih baik daripada kelas kontrol, sedangkan perolehan nilai afektif danpsikomotorik > 70.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Rahman, S. 2007. Pembelajaran terkini: perpaduan Indonesia-Malaysia; strategi metakognitif dalam pembelajaran melalui hiperteks. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rahman, S. 2008. Kemahiran mengakses dan mempelajari bahan hiperteks dalam kalangan guru pelatih. Jurnal Pendidikan.
No. 34
Sastrawijaya, T. 1988. Pengajaran kimia dengan komputer. Jakarta: Dirjen Dikti