- Abstract viewed - 3508 times
- PDF downloaded - 20280 times
Affiliations
Aris Wijayanti
universitas negeri semarang
Eko Budi Susatyo
Affiliation not stated
Sukarjo Sukarjo
Affiliation not stated
Cepi Kurniawan
Universitas Negeri Semarang
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Restu Indah Larasati, Sri Haryani, Eko Budi Susatyo, Serbuk Kulit Jagung untuk Menurunkan Kadar COD dan BOD Air Sumur Gali , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 1 (2018)
- Novanda Varantika, Eko Budi Susatyo, Woro Sumarni, PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK PENGETAHUAN PADA MATERI HIDROLISIS-BUFFER , Chemistry in Education: Vol 7 No 2 (2018): Terbit bulan Oktober 2018
- Widya Rosanti, Nur Rizky Amalia, Harjito Harjito, Eko Budi Susatyo, ANALISIS KETERAMPILAN DASAR LABORATORIUM DENGAN PEMBELAJARAN POGIL PADA MATERI TITRASI ASAM BASA , Chemistry in Education: Vol 8 No 1 (2019): Terbit bulan April 2019
- Indri Rakhmawati, Cepi Kurniawan, Harjono Harjono, Pengaruh Konsentrasi Metilenbisakrilamida dalam Sintesis Komposit Poli(Asam Akrilat)-Kaolin dan Pengujiannya sebagai Superabsorben , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 2 (2019)
- Rizqi Anisa, Edy Cahyono, Woro Sumarni, Eko Budi Susatyo, Implementasi Design Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar Materi Elektrokimia , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Oktaviony Tiara Kusuma, Endang Susilaningsih, Edy Cahyono, Eko Budi Susatyo, Pengembangan Bahan Ajar Materi Redoks Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual dalam Kehidupan Sehari-Hari , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Ida Rosida, Eko Budi Susatyo, Darmuah Darmuah, ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN LARUTAN PENYANGGA MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN TES CBT , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Noviana Sri Rahayu, Edy Cahyono, Eko Budi Susatyo, Harjito Harjito, Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Design Based Learning (DBL) pada Materi Sistem Koloid , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Wahyu Pratama Aribowo, Sukarjo Sukarjo, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ADOBE FLASH BERBASIS BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS V SD , Joyful Learning Journal: Vol 11 No 1 (2022): Joyful Learning Journal: Maret 2022
- Riris Arfianti, Eko Budi Susatyo, Agung Tri Prasetya, Sri Nurhayati, Desain Media Pembelajaran Fun Colloid berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Desain Media Pembelajaran Fun Colloid berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid
Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Submitted: Oct 25, 2022
Published: Apr 28, 2023
Abstract
Tujuan penelian ini untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, respons peserta didik dan guru terhadap penggunaan media pembelajaran Fun Colloid berbasis android untuk meningkatkan hasil dan minat belajar peserta didik pada materi sistem koloid. Penelitian pengembangan (research and development) dengan model penelitian 3-D yaitu (define, design, dan development). Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Slawi menggunakan teknik purpossive sampling sebanyak 51 peserta didik kelas XI. Berdasarkan hasil analisis validasi kelayakan oleh para ahli memperoleh validasi materi dan media sangat layak berturut-turut sebesar 92% dan 93%. Uji skala kecil menunjukkan skor 94% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis untuk peningkatan hasil belajar diperoleh nilai N-gain sebesar 0,78 dengan kriteria tinggi dan efektivitas sebesar 78% dengan kriteria efektif. Indeks minat belajar peserta didik diperoleh skor 85% dengan kategori sangat tinggi. Peserta didik dan guru memberikan respons sangat baik dengan skor 92% dan 95%. Berdasarkan analisis diperoleh simpulan bahwa desain media pembelajaran Fun Colloid berbasis android dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil dan minat belajar peserta didik serta memperoleh respons sangat baik dari peserta didik dan guru.