ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN LARUTAN PENYANGGA MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN TES CBT
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Moga. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran Larutan Penyangga menggunakan model Discovery Learning berdasarkan indikator pemahaman konsep (IPK) dan indikator kompetensi dasar (IKD). Pemilihan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dan desain penelitian berupa sequential explanatory design. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen tes diagnostik yang telah dinyatakan valid oleh validator dan didukung dengan lembar wawancara. Soal tes diagnostik yang digunakan adalah jenis soal three tier multiple choice berbasis CBT (Computer Based Test). Setelah dilakukan tes diagnostik yang didukung dengan wawancara diperoleh profil pemahaman konsep peserta didik pada materi larutan penyangga. Hasil analisis pemahaman konsep peserta didik yang didapat yaitu sebanyak 20 anak (56,74%) paham konsep, 8 anak (23,41%) miskonsepsi, 3 anak (8,33%) untung-untungan, 4 anak (9,99%) kurang paham, dan 1 anak (3,24%) tidak paham. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada pembelajaran larutan penyangga menggunakan model Discovery Learning menunjukkan bahwa berdasarkan IPK dan IKD belum semua indikator terpenuhi secara maksimal oleh peserta didik.