Pengembangan LKPD Berbasis Problem Terintegrasi Etnosains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Interpersonal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis problem terintegrasi etnosains pada materi Reaksi Redoks untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan interpersonal. Pengembangan LKPD menggunakan metode 3-D yaitu Define, Design, dan Develop. Subjek pada penelitian yaitu peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Suranenggala Cirebon. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, observasi kecerdasan interpersonal, angket keterbacaan danĀ respon peserta didik. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu kelayakan dan keefektifan, serta hasil keterbacaan dan respon peserta didik. Hasil validasi rata-rata LKPD berbasis problem terintegrasi etnosains memperoleh nilai persentase sebesar 85% termasuk kriteria baik. Keterbacaan LKPD pada skala kecil dihasilkan nilai persentase sebesar 86% termasuk kriteria sangat baik dan angket tanggapan peserta didik terhadap LKPD skala besar dihasilkan nilai persentase sebesar 86% termasuk kriteria sangat baik. LKPD berbasis problem terintegrasi etnosains dapat meningkatkan kemampuan kognitif melalui hasil belajar dengan pretest-postest memperoleh N-Gain sebesar 0,59 termasuk kategori sedang. Kecerdasan interpersonal meningkat pada kegiatan diskusi dan praktikum dihasilkan nilai persentase 84,93% termasuk kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian, LKPD berbasis problem terintegrasi etnosains yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan interpersonal.