- Abstract viewed - 1480 times
- PDF downloaded - 3313 times
Affiliations
Muhammad Prio Bagus Santoso
Affiliation not stated
Eko Budi Susatyo
Affiliation not stated
Agung Tri Prasetya
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Widya Rosanti, Nur Rizky Amalia, Harjito Harjito, Eko Budi Susatyo, ANALISIS KETERAMPILAN DASAR LABORATORIUM DENGAN PEMBELAJARAN POGIL PADA MATERI TITRASI ASAM BASA , Chemistry in Education: Vol 8 No 1 (2019): Terbit bulan April 2019
- Nursanti Angger Ratnawati, Agung Tri Prasetya, Endah Fitriani Rahayu, Validasi Metode Pengujian Logam Berat Timbal (Pb) dengan Destruksi Basah Menggunakan FAAS dalam Sedimen Sungai Banjir Kanal Barat Semarang , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 1 (2019)
- shofa Istiana, Jumaeri Jumaeri, Agung Tri Prasetya, Preparasi Arang Aktif Trembesi Magnetit untuk Adsorpsi Senyawa Tannin dalam Limbah Cair , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 1 (2020)
- Kristiyana Kristiyana, Agung Tri Prasetya, Kasmui Kasmui, Perbandingan Metode Destruksi Sedimen Sungai Kaligarang pada Analisis Logam Cu Menggunakan Flame Atomic Absorption Spectrometer (FAAS) , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 2 (2020)
- Rizqi Anisa, Edy Cahyono, Woro Sumarni, Eko Budi Susatyo, Implementasi Design Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar Materi Elektrokimia , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Oktaviony Tiara Kusuma, Endang Susilaningsih, Edy Cahyono, Eko Budi Susatyo, Pengembangan Bahan Ajar Materi Redoks Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual dalam Kehidupan Sehari-Hari , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Ida Rosida, Eko Budi Susatyo, Darmuah Darmuah, ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN LARUTAN PENYANGGA MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN TES CBT , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Noviana Sri Rahayu, Edy Cahyono, Eko Budi Susatyo, Harjito Harjito, Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Design Based Learning (DBL) pada Materi Sistem Koloid , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Salsabila Syafari Zaza, Kasmui Kasmui, Sri Wardani, Agung Tri Prasetya, Pengaruh Media Kahoot Berbasis Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Kimia , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Siti Maimunah Febriani, Sri Haryani, Agung Tri Prasetya, Nuni Widiarti, Puji Ningrum, Kelayakan dan Keefektifan Bahan Ajar Pengayaan Berbasis Literasi Sains Materi Hidrolisis Garam , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
Kelayakan dan Keefektifan Bahan Ajar Pengayaan Berbasis Literasi Sains Materi Hidrolisis Garam
Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
Submitted: Jul 28, 2022
Published: Dec 8, 2022
Abstract
Tujuan dari penelitian yang dilakukan ialah mengetahui kelayakan dan efektivitas bahan ajar pengayaan berbasis literasi sains materi hidrolisis garam. Penelitian yang dilakukan menggunakan model penelitian 4D yang tahapannya meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen pengumpul data yang digunakan yaitu lembar penilaian bahan ajar, skala keterbacaan bahan ajar, dan instrumen tes. Penilaian ahli dan tingkat keterbacaan digunakan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar pengayaan, sedangkan uji N-Gain dan paired sample t test pada hasil pretest-posttest digunakan untuk menilai efektivitas bahan ajar pengayaan. Hasil analisis kelayakan yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi berturut-turut adalah 52,5 dan 106,5 dengan masing-masing kriteria sangat layak. Berdasarkan skala keterbacaan siswa, bahan ajar pengayaan secara keseluruhan dinilai memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi. Hasil analisis keefektifan menunjukkan bahwa (1) ketuntasan klasikal siswa meningkat dari 85,40 persen menjadi 100 persen tuntas dan (2) meningkatnya rerata hasil belajar siswa dari 75,73 menjadi 89,38. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar pengayaan berbasis literasi sains pada materi hidrolisis garam yang dikembangkan layak dan efektif diterapkan pada program pengayaan.