Pengembangan Bahan Ajar Handout Sejarah Indonesia Pokok Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi dan Peranan Ulama di MA Nu Mu’allimat Kudus

  • Nur Hikmah
  • Suwito Eko Pramono
  • Ba'in Ba'in

Abstract

Studi pendahuluan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa uraian materi yang singkat dalam bahan ajar yang digunakan kurang memberi pemahaman pada siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang dikelompokan menjadi tiga tahapan yakni tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap validasi atau kelayakan. Studi pendahuluan untuk tahap perencanaan menggunakan teknik wawancara. Penilaian kelayakan handout menggunakan instrumen penilaian oleh ahli materi dan praktisi serta oleh ahli media. Dari masing-masing tahapan terbagi menjadi sumber data, teknik pengambilan data, uji objektivitas data, teknik analisis data dan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sangat membutuhkan pengembangan bahan ajar sebagai pelengkap materi dan menyatakan bahwa sangat pentingnya materi peristiwa sekitar proklamasi dan peranan ulama.

Published
2017-10-01
How to Cite
Hikmah, N., Pramono, S., & Ba’in, B. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Handout Sejarah Indonesia Pokok Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi dan Peranan Ulama di MA Nu Mu’allimat Kudus. Indonesian Journal of History Education, 4(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/18095