Pecinan Semarang Sebagai Sumber Belajar Sejarah Pokok Bahasan Kolonialisme Kelas XI IPS di SMA Nasional Nusaputera Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Tujuan dari artikel ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan Pecinan Semarang sebagai sumber belajar pada materi sejarah kolonialisme. (2) Mengetahui tanggapan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan Pecinaan Semarang sebagai sumber belajar materi sejarah kolonialisme. (3) Menganalisis kendala-kendala apa saja yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan Pecinan Semarang sebagai sumber belajar pada materi sejarah kolonialisme. (4) Mengetahui bagaimana cara guru mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan Pecinan Semarang sebagai sumber belajar pada materi sejarah kolonialisme. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian  mengungkapkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan memanfatkan Pecinan Semarang terencana dalam RPP dan sudah menjadi agenda rutin tahunan (2) Pembelajaran dengan memanfaatkan kawasan pecinan Semarang mendapat respon yang berbeda-beda, sebagian besar dari siswa mengaku senang dan antusias (3) Pembelajaran dengan memanfatkan Pecinan Semarang menemui kendala berupa alokasi waktu dan sarana pra sarana yang tersedia. (4) Pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan Pecinan Semarang sebagai sumber belajar dilakukan diluar jam sekolah guna keefektifan waktu dan sarana pra sarana.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal Indonesian Journal of History Education agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.