Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Videoscribe Materi Kerajaan Islam Di Jawa Kelas X Tahun Ajaran 2018/2019 Di SMA Negeri 3 Salatiga
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis kebutuhan media pembelajaran sejarah Indonesia, (2) mengetahui pengembangan media pembelajaran sejarah Indonesia berbasis videoscribe materi Kerajaan Demak, (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran sejarah Indonesia berbasis Videoscribe materi Kerajaan Islam di Jawa sub materi kerajaan Demak di lihat dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta penilaian Guru dan Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Bahwa media pembelajaran yang digunakan oleh guru sejarah SMA Negeri 3 Salatiga hanya menggunakan Powerpoint, video bergambar diambil dari internet dan model pembelajaran yang monoton mengakibatkan mata pelajaran sejarah Indonesia menjadi membosankan dan kurang menarik, sehingga membutuhkan media pembelajaran yang lebih menarik, (2) Pengembangan media pembelajaran sejarah Indonesia materi Kerajaan Demak dibuat menggunakan software Sparkol Videoscribe, yang didasarkan pada naskah media dan narasi (3) Berdasarkan tingkat kelayakan hasil validasi ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran berturut-turut dengan hasil persentase 88.55%, 94.65%, dan 93.75%. serta hasil penilaian peserta didik sebesar 86.5%. Dengan demikian media ini layak digunakan sebagai media pembelajaran materi Kerajaan Islam di Jawa sub materi Kerajaan Demak.
References
Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Atmaja, Hamdan Tri. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Audio-Visual Interaktif dalam Pembelajaran Sejarah yang Berbasis pada Konservasi Kearifan Lokal Bagi MGMP Sejarah Kabupaten Banjarnegara. Dalam Jurnal Panjar. Vol. 1. No.2. Hal. 131-140.
Atno. (2011). Efektivitas Media CD Interaktif dan Media VCD Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri di Banjarnegara Ditinjau Dari Tingkat Motivasi Belajar. Dalam Indonesian Journal of History Education. Vol. 21. No. 2. Hal. 213-225.
Dellyardianzah. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Dalam Jurnal Universitas Tanjung Pura: Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 6. No. 10. Hal. 1-10.
L.R. Gay. (2012). Educational Research Competencies for Analysis and Applications. Tenth Edition. United States of America: Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.
Pradnyana, Bagus Mertha. (2014). Apa itu Videoscribe. http://tirtamedia.co.id/ 2014/05/07/ apa-itu-videoscribe. diakses 1 Februari 2019.
Prensky, Marc. (2001). Digital Natives, Digital Immigrant. Dalam On the horizon MCB University Press. Vol. 9 No.5. Hal. 1-6.
Setyosari, H.Punaji. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryadi, Andy dan Andi Amirudin. (2016). Keragaman Media dan Metode Pembelajaran dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 pada Tiga SMA Negeri di Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2015/2016. Dalam Indonesian Journal of History Education. Vol. 4. No. 2. Hlm. 7-13.
Tanjung, Samsidar. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Sejarah. Dalam Paramita Historical Studies Journal. Vol.25. No. 2. Hlm. 261-271.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Basyirudin A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.
Utomo, Cahyo Budi. (2015). Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sejarah Berorientasi Metakognitif Jenjang SMA. Dalam Paramita Historical Studies Journal. Vol. 25. No. 1. Hal. 135-144.
Peraturan Pemerintah
Permendikbud No. 22 tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal Indonesian Journal of History Education agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.