PENGARUH LAWATAN SEJARAH TERHADAP KESADARAN SEJARAH PADA SISWA

  • Wiwin Wiwin Gedung C2 Lantai 1, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang 50229
Keywords: The visit of History, History of Consciousness

Abstract

Jepara has a museum that can be used as a medium of learning, especially history. The museum is Education is very important in delivering human resources. No other to achieve better education lessons in schools should not only use the methods of teacher centered as well as still found in classes at SMAN 1 Muntilan. The teachers are still using the lecture method is still considered powerful when used in teaching, in curriculum subjects in 2013 with increased time history lecture method will only membuatpeserta students bored, so it needs a new breakthrough in teaching one of them with a tour of the history of which is expected to be able to increase awareness student of history.

 

Pendidikan sangat berperan penting dalam mengantarkan sumber daya manusia. Tidak lain untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik lagi seharusnya pembelajaran di sekolah tidak hanya menggunakan metode teacher centered seperti halnya yang masih ditemukan pada kelas-kelas di SMA Negeri 1 Muntilan. Para pengajar masih menggunakan metode ceramah yang masih dianggap ampuh saat digunakan dalam mengajar, di dalam kurikulum 2013 dengan mata pelajaran sejarah waktunya bertambah metode ceramah hanya akan membuatpeserta didik bosan, sehingga perlu trobosan baru dalam mengajar salah satunya dengan lawatan sejarah yang diharapkan akan mampu menambah kesadaran siswa terhadap sejarah.

 

Author Biography

Wiwin Wiwin, Gedung C2 Lantai 1, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang 50229
Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang
Published
2014-10-17
How to Cite
Wiwin, W. (2014). PENGARUH LAWATAN SEJARAH TERHADAP KESADARAN SEJARAH PADA SISWA. Indonesian Journal of History Education, 3(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/3910