Sosiologi Kurikulum Membuka Mata Mengenai Relasi Pengetahuan dan Kekuasaan
pdf

How to Cite

Subkhan, E. (2019). Sosiologi Kurikulum Membuka Mata Mengenai Relasi Pengetahuan dan Kekuasaan. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 6(2), 116-120. https://doi.org/10.15294/ijcets.v6i2.29577

Abstract

Kaitan antara kurikulum dan berbagai kepentingan yang berasal dari masyarakat, dunia kerja, dan negara yang menimbulkan beberapa masalah dan kontroversi tersebut sejatinya menunjukkan bahwa kurikulum tidak dapat hanya dipahami sebagai hal teknis belaka. Terdapat dimensi lain, yakni dimensi sosial yang akan lebih memberikan gambaran utuh mengenai kurikulum sebagai ruang pertarungan banyak kepentingan. Di titik inilah, kehadiran perspektif sosial terhadap kurikulum sangat penting. Buku karya Rakhmat Hidayat (2011) berjudul “Pengantar Sosiologi Kurikulum†terbitan RajaGrafndo Persada jadi relevan kehadirannya. Buku yang diberi pengantar oleh dua sosiolog dan pedagog kritis, yakni Jean Louis Derouet dan Peter McLaren ini terhitung lengkap membahas pengertian dasar dan tema-tema sosiologi kurikulum bagi pembaca pemula.

https://doi.org/10.15294/ijcets.v6i2.29577
pdf