Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Siswi SMA Negeri 14 Surabaya Melalui Edukasi Gizi Secara Online Untuk Mengurangi Gangguan Dismenore

Main Article Content

Wahyu Wahyu Putri Puspitaningrum
Choirul Anna Nur Afifah

Abstract

Mayoritas remaja putri mengalami permasalahan kesehatan pada saat proses menstruasi, salah satunya mengenai kesehatan reproduksi berupa nyeri haid dibagian bawah perut sebelum atau saat proses menstruasi berlangsung (dismenore). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil rata-rata pengetahuan dan sikap siswi sebelum mendapatkan edukasi gizi antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol untuk mengurangi gangguan dismenore, (2) perbedaan hasil rata-rata pengetahuan dan sikap siswi setelah mendapatkan edukasi gizi antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol untuk mengurangi gangguan dismenore. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan randomized experimental design with pretest-posttest. Responden penelitian 40 siswi kelas XI dengan teknik convinience sampling dan terbagi menjadi dua kelompok 20 siswi kelompok intervensi (media powerpoint) dan 20 siswi kelompok kontrol (media booklet). Data dianalisis menggunakan uji independent T-Test. Analisis menunjukkan bahwa pengetahuan dan sikap siswi sebelum mendapatkan edukasi gizi antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol tidak memiliki perbedaan dengan signifikansi (p-value pengetahuan 0.122 dan p-value sikap 0.377), analisis pengetahuan dan sikap siswi setelah mendapatkan edukasi gizi antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol memiliki perbedaan dengan signifikansi (p-value pengetahuan 0.003 dan p-value sikap 0.002). Pemberian edukasi gizi menggunakan metode ceramah dan diskusi dengan bantuan slide powerpoint akan meningkatkan pengetahuan dan dapat merubah sikap menjadi lebih positif untuk mengurangi gangguan dismenore.

Article Details

How to Cite
Puspitaningrum, W. W., & Afifah, C. (2024). Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Siswi SMA Negeri 14 Surabaya Melalui Edukasi Gizi Secara Online Untuk Mengurangi Gangguan Dismenore. Nutrizione: Nutrition Research And Development Journal, 3(3), 76-85. https://doi.org/10.15294/nutrizione.v3i3.71563
Section
Nutrizione Vol.3 No.3 - 2023

References

Bertalina. (2015). Pengaruh Promosi Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Pada Siswa SD di Bandar Lampung’. Jurnal Kesehatan, 6(1), 56–63. https://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK/article/view/26/24
Khairunnisa, & Maulina, N. (2016). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Nyeri Haid (Dismenore) Pada Santriwati Madrasah Aliyah Swasta Ulumuddin Uteunkot Cunda Kota Lhokseumawe. Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Nyeri Haid (Dismenore) Pada Santriwati Madrasah Aliyah Swasta Ulumuddin Uteunkot Cunda Kota Lhokseumawe.
Kojo, N. H., Kaunang, T. M. D., & Rattu, A. J. M. (2021). Hubungan Faktor-faktor yang Berperan untuk Terjadinya Dismenore pada Remaja Putri di Era Normal Baru. E-CliniC, 9(2), 429. https://doi.org/10.35790/ecl.v9i2.34433
Larasati, T., & Alatas, F. (2016). Dismenore Primer dan Faktor Risiko Dismenore Primer pada Remaja Primary Dysmenorrhea and Risk Factor of Primary Dysmenorrhea in Adolescent. Majority, 5(3), 79–84. http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/download/1040/835
Layung, A., Nawang, E., Febriyanti, F., Suci, M., Rahman, S., Anindita, S., Pambudi, S., Chobita, Z., & Pramono, A. (2022). Edukasi Gizi secara Daring terhadap Pengetahuan Gizi Mahasiswa Non-Kesehatan. Jurnal Proactive, 1(1), 41–45. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/proactive
Linggarsih, H. D. (2020). Gambaran Pengetahuan, Sikap dan Pola Makan Remaja Pengguna Media Sosial di SMAN Kota Bengkulu Tahun 2020.
Mardiyati, N. L., Alfatihah, A., Azizah, N., Septiyana, D., Studi, P., Gizi, I., Kesehatan, F. I., & Surakarta, U. M. (2022). NUTTEENS - PROGRAM EDUKASI GIZI REMAJA SACARA DARING SEBAGAI UPAYA MINIMALISASI MISPERSEPSI STATUS GIZI PADA SISWA SMA BATIK 1 SURAKARTA DI MASA Pendahuluan. 02, 82–89.
Muwakhidah, Fatih, F. D., & Primadani, T. (2021). Efekvitas Pendidikan Dengan Media Boklet, Leaflet Dan Poster Terhadap Pengetahuan Tentang Anemia Pada Remaja Putri. University Research Colloqium, 438–446.
Nafiroh, D., & Indrawati, N. D. (2013). Gambaran Pengetahuan Remaja Tentang Dismenore Pada Siswa Putri di MTS NU Mranggen Kabupaten Demak. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 4 no 1, 157–166. https://node2.123dok.com/dt03pdf/123dok/001/596/1596337.pdf.pdf?X-Amz-Content-Sha256=UNSIGNED-PAYLOAD&X-Amz-Algorithm=AWS4-HMAC-SHA256&X-Amz-Credential=aa5vJ7sqx6H8Hq4u%2F20230123%2F%2Fs3%2Faws4_request&X-Amz-Date=20230123T163133Z&X-Amz-SignedHeaders=host
Rizki, A. D. (2018). Efektivitas Penyuluhan Gizi Menggunakan Slide Power Point dan Poster terhadap Pengetahuan tentang Sarapan Pagi pada Anak Usia Sekolah [Poltekkes Kemenkes Yogyakarta]. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/567
Rohma, K. (2016). Hubungan Antara Faktor Sosiodemografi dan Sikap Dalam Menghadapi Kejadian Dismenorea Pada Remaja Putri Di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo. In Program Studi Pendidikan Bidan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya.
Safitri, N. R. D. (2016). Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Ceramah dan Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Gizi Remaja Overweight. 1–22.
Setiawan, S. A., & Lestari, L. (2018). Hubungan Nyeri Haid (Dismenore) dengan Aktivitas Belajar Sehari-Hari Pada Remaja Putri Kelas VII Di SMPN 3 Pulung. Jurnal Delima Harapan, 5(1), 24–31. https://doi.org/10.31935/delima.v5i1.5
Sophia, F., Sori, M., & Jemadi. (2015). Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Dismenore pada Siswi SMK Negeri 10 Medan. Universitas Sumatera Utara, 2, 5.
Utari, A. D. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Dismenore Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Dalam Menangani Dismenore Di SMP Negeri 1 Pleret Bantul Yogyakarta.
Wulansari, R. M., Corniawati, I., & Utami, K. D. (2019). Efektivitas Model Edukasi Booklet Terhadap Pengetahuan Gizi Pada Ibu Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Harapan Baru Kota Samarinda. 1–16.