Identifikasi Pemahaman dan Kemampuan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis PTK Guru SMA Kota Pekalongan Identification of Understanding and Ability to Write Scientific Articles Based on PTK Pekalongan High School Teachers

Main Article Content

Teguh Darsono
Mahardika Prasetya Aji
Ani Rusilowati
Putut Marwoto

Abstract

Menulis karya ilmiah bagi guru seharusnya juga menjadi salah satu kebutuhan, namun berdasarkan komunikasi awal dengan Kepala SMA N 2 Kota Pekalongan didapatkan informasi bahwa masih terdapat kendala yang dihadapi guru dalam penulisan artikel ilmiah. Sebagian guru masih belum mengetahui tata cara penulisan karya ilmiah yang sesuai standar akademik. Beberapa guru sudah menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam proses pembelajaran, namun guru belum terbiasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya. Muara publikasi sementara ini masih terbatas pada wadah bersifat lokal. Padahal, terdapat banyak sekali jurnal nasional yang dapat dijadikan sebagai tempat publikasi, misalnya jurnal yang dikelola oleh Universitas Negeri Semarang. Jurnal-jurnal tersebut merupakan jurnal ilmiah yang mencoba untuk mendesiminasikan segala macam pemikiran dan penelitian, tak terkecuali pembelajaran pada sekolah menengah. Namun demikian artikel ilmiah yang membahas problematika pembelajaran fisika yang berasal dari para guru fisika jarang dijumpai di jurnal tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan menumbuhkan motivasi guru untuk meningkatkan kompetensi profesional dan pengembangan diri pada kualifikasi akademik serta meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah pada jurnal atau prosiding. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, praktik mengakses jurnal secara online, dan diskusi. Kegiatan ini dirasakan membawa manfaat yang besar bagi guru dan untuk selanjutnya guru berharap adanya pendampingan penulisan karya ilmiah.

Article Details

How to Cite
Darsono, Teguh, Mahardika Prasetya Aji, Ani Rusilowati, and Putut Marwoto. 2021. “Identifikasi Pemahaman Dan Kemampuan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis PTK Guru SMA Kota Pekalongan”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 3 (2), 42-46. https://doi.org/10.15294/panjar.v3i2.52977.
Section
Articles

References

Nurhayati, A. 2015. Penguatan Guru Fisika MTs/SMP/MA/SMA Se-kecamatan Ngaliyan Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kuantitas Kontributor Jurnal Pendidikan MIPA, DIMAS Vol. 15 No. 2.

Susantini E, Rahayu Y S, Budiono D dan Raharjo, 2015. Profil Artikel Ilmiah Buatan Guru Pada Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-guru di SMP Labschool Surabaya, Abdi Vol1 No. 1.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

http://referensi.data.kemdikbud.go.id, diakses pada 25 April 2019

Wahyuni S, Aji M P, Sulhadi, Darsono T dan Marwoto P, 2019, Identifikasi Pemahaman dan Kemampuan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis PTK MGMP Fisika SMA Kabupaten Rembang, Prodising Seminar Nasional The 5th Lontar Physics Forum 2019.

Saputro, Iwan, Nurul Fatimah, and Ustad Alam. 2019. “Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Upaya Mendorong Produktivitas Guru”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 1 (2), 127-30. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i2.29721.

S, Apik, Wasino Wasino, Syaiful Amin, and Tsabit Azinar. 2019. “Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Untuk Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 1 (2), 104-6. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i2.29715.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>