PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN ASESMEN KINERJA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Puji Handayani
Arief Agoestanto
Masrukan Masrukan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran berbasis masalah dengan asesmen kinerja maupun pembelajaran berbasis masalah tuntas; untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan asesmen kinerja, menggunakan pembelajaran berbasis masalah, dan menggunakan pembelajaran ekspositori; untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pembelajaran berbasis masalah dengan asesmen kinerja lebih baik dari pembelajaran berbasis masalah; dan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pembelajaran berbasis masalah lebih baik pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 2 Subah tahun pelajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling. Data diperoleh dengan metode tes dan data dianalisis dengan menggunakan uji proporsi dan Anova. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran berbasis masalah dengan asesmen kinerja maupun menggunakan pembelajaran berbasis masalah tuntas, serta kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan asesmen kinerja paling baik dibanding dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan ekspositori.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Puji Handayani, Semarang State University

Mathematics departement

Arief Agoestanto, Semarang State University

Mathematics departement

Masrukan Masrukan, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Handayani, P., Agoestanto, A., & Masrukan, M. (2013). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN ASESMEN KINERJA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3322

References

Agbulu, O.N. & E.E. Idu. 2008. The impact of participatory and expository approaches on learning of agricultural science in senior secondary schools in benue state. Journal of Social Science, 16(3): 245-249.

Anni, C.T. 2009. Psikologi pendidikan. Semarang: Unnes Press.

BSNP. 2006. Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: BSNP.

Delima, N. 2011. Pembelajaran berbasis masalah dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis mahasiswa program studi sistem informasi. Tesis. Bandung: UPI.

Depdiknas. 2004. Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani. 2010. Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kemendiknas, B. 2012. Daya Serap UAN SMP/Mts Tahun ajaran 2011/2012. Jakarta: Kemendiknas.

Masrukan. 2008. Kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika. Pengaruh penggunaan model pembelajaran dan asesmen kinerja terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika (Eksperimen pada siswa kelas VIII SMPN 10 dan SMPN 13 Kota Semarang). Disertasi. Semarang: Unnes.

Setyawati, M.D. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Think Talk Write bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Subah, Batang Materi Pokok Segiempat. Skripsi. Semarang: Unnes.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>