Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Instrumen Tes Two-Tier Multiple Choice pada Materi Laju Reaksi

Authors

  • Yunita Djafar Universitas Negeri Gorontalo Author
  • Isa Ishak Author
  • Julhim S. Tangio Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/f677x032

Keywords:

Berpikir Kritis, two tier, laju reaksi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes pilihan ganda dua tingkat (two tier multiple choice) sebanyak 12 nomor yang telah diuji validitas. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI yang berjumlah 152 di SMA Negeri 2 Gorontalo. Hasil penelitian menunjukan bahwa indikator berpikir kritis dengan kategori sangat tinggi adalah indikator strategi dan taktik dengan persentase 82,0%. Indikator dengan kategori cukup adalah indikator memberikan klarifikasi dasar dengan persentase 52,4% dan indikator memberikan penjelasan lanjut dengan persentase 54,6%, sedangkan Indikator dengan kategori rendah, yaitu indikator membangun keterampilan dasar memperoleh persentase 39,8% dan indikator menyimpulkan memperoleh persentase 39,1%. Penelitian rata-rata yang diperoleh cukup dengan persentase 55,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Article ID

4959

Published

01-07-2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Instrumen Tes Two-Tier Multiple Choice pada Materi Laju Reaksi. (2024). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 18(2), 112-117. https://doi.org/10.15294/f677x032