PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS REACT PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN 4C
DOI:
https://doi.org/10.15294/fx19nj72Keywords:
Learning Module, Keterampilan 4C, Senyawa HidrokarbonAbstract
Perangkat pembelajaran seperti modul pembelajaran diperlukan untuk menstimulus keterampilan abad ke-21 salah satunya yaitu Critical Thinking, Communication, Collaboration, dan Creativity (4C). Modul Pembelajaran berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) diharapkan dapat menstimulus keterampilan 4C yang diterapkan pada salah satu materi kimia yaitu senyawa hidrokarbon. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul berbasis REACT yang layak digunakan untuk menstimulus keterampilan 4C dan mengetahui respon siswa terhadap modul tersebut. Modul ini dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Berdasarkan modul hasil validasi, nilai validitas pada beberapa aspek kelayakan dinyatakan valid. Berdasarkan hasil angket respon siswa, hasil rata-rata persentase penilaian sebesar 89% dengan kriteria “Sangat Baik”.