PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS REACT PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN 4C

Authors

  • Restiwigati Nurul Anisa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Author
  • Dr. Solfarina, S.Pd., M.Si Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Author
  • Imas Eva Wijayanti, M.Si Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/fx19nj72

Keywords:

Learning Module, Keterampilan 4C, Senyawa Hidrokarbon

Abstract

Perangkat pembelajaran seperti modul pembelajaran diperlukan untuk menstimulus keterampilan abad ke-21 salah satunya yaitu Critical Thinking, Communication, Collaboration, dan Creativity  (4C). Modul Pembelajaran berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) diharapkan dapat menstimulus keterampilan 4C yang diterapkan pada salah satu materi kimia yaitu senyawa hidrokarbon. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul berbasis REACT yang layak digunakan untuk menstimulus keterampilan 4C dan mengetahui respon siswa terhadap modul tersebut. Modul ini dikembangkan menggunakan model pengembangan  ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Berdasarkan modul hasil validasi, nilai validitas pada beberapa aspek kelayakan dinyatakan valid. Berdasarkan hasil angket respon siswa, hasil rata-rata persentase penilaian sebesar 89% dengan kriteria “Sangat Baik”.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-04-2025

Article ID

502

How to Cite

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS REACT PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN 4C. (2025). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 19(1), 1-7. https://doi.org/10.15294/fx19nj72