COC: Media Pembelajaran Senyawa Karbon Berbasis Kartu Kuartet Terintegrasi QR-Code

Authors

  • Tsalis Jauza Nareswari Universitas Negeri Malang Author
  • Ananta Ardyansyah, S.Pd Author
  • Ulfa Rahmawati Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/27evn946

Keywords:

augmented reality, senyawa karbon, kartu permainan, environmental literacy, media pembelajaran

Abstract

Pentingnya pemahaman kimia dalam kehidupan sehari-hari berkontribusi pada berbagai aspek kehidupan, seperti pemanfaatan produk dengan bertanggung jawab. Dengan demikian, penting untuk mengintegrasikan fenomena kehidupan sehari-hari dengan pengetahuan. Salah satu topik kimia yang dekat dengan kehidupan sehari-hari adalah senyawa karbon. Namun, beberapa penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada materi tersebut masih rendah. Kurangnya media pembelajaran menjadi salah satu penyebab masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran senyawa karbon berbasis kartu kuartet terintegrasi QR-Code yakni COC dan memvalidasinya. Penelitian ini termasuk penelitian research and development (R&D) dengan Model ADDIE. Dari hasil pengujian didapatkan penilaian dari ahli materi dengan kategori "baik" dan ahli media pembelajaran dengan kategori "sangat baik". Siswa juga memberikan respon cukup positif pada media yang telah dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dijelaskan bahwa media pembelajaran ini sangat layak  untuk diimplementasikan. Dengan adanya media pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat belajar topik senyawa karbon secara mandiri dan aktif.                    

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-04-2025

Article ID

8011

How to Cite

COC: Media Pembelajaran Senyawa Karbon Berbasis Kartu Kuartet Terintegrasi QR-Code. (2025). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 19(1). https://doi.org/10.15294/27evn946

Similar Articles

1-10 of 13

You may also start an advanced similarity search for this article.