COC: Media Pembelajaran Senyawa Karbon Berbasis Kartu Kuartet Terintegrasi QR-Code
DOI:
https://doi.org/10.15294/27evn946Keywords:
augmented reality, senyawa karbon, kartu permainan, environmental literacy, media pembelajaranAbstract
Pentingnya pemahaman kimia dalam kehidupan sehari-hari berkontribusi pada berbagai aspek kehidupan, seperti pemanfaatan produk dengan bertanggung jawab. Dengan demikian, penting untuk mengintegrasikan fenomena kehidupan sehari-hari dengan pengetahuan. Salah satu topik kimia yang dekat dengan kehidupan sehari-hari adalah senyawa karbon. Namun, beberapa penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada materi tersebut masih rendah. Kurangnya media pembelajaran menjadi salah satu penyebab masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran senyawa karbon berbasis kartu kuartet terintegrasi QR-Code yakni COC dan memvalidasinya. Penelitian ini termasuk penelitian research and development (R&D) dengan Model ADDIE. Dari hasil pengujian didapatkan penilaian dari ahli materi dengan kategori "baik" dan ahli media pembelajaran dengan kategori "sangat baik". Siswa juga memberikan respon cukup positif pada media yang telah dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dijelaskan bahwa media pembelajaran ini sangat layak untuk diimplementasikan. Dengan adanya media pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat belajar topik senyawa karbon secara mandiri dan aktif.