Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep
DOI:
https://doi.org/10.15294/upej.v13i2.15248Keywords:
Augmented Reality, STEM, Understanding ConceptAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar berbasis STEM berbantuan Augmented Reality yang dikembangkan, mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar yang dikembangkat terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik, serta mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan desain penelitian ADDIE. Hasil uji kelayakan dari kedua validasi ahli terhadap bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan skor 90,27% dengan kategori sangat layak, sehingga bahan ajar dapat digunakan dalam pembelajaran. Perubahan kemampuan pemahaman konsep diukur dengan uji t dengan nilai sig. (2-tailed) yang didapatkan sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa sig. < 0,05, hasil analisis data tersebut dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian keefektifan penggunaan bahan ajar diuji menggunakan uji n-gain dengan hasil kelas eksperimen sebesar 0,49 dan kelas kontrol didapatkan hasil sebesar 0,37, kedua kelas tersebut tergolong dalam kategori sedang dengan skor kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol, sehingga dapat dikatakan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan nilai lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis STEM dengan bantuan teknologi Augmented Reality efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida statis. Hasil respon peserta didik terhadap bahan ajar tersebut didapatkan nilai rata-rata persentase sebesar 86,43% termasuk dalam kategori sangat baik.