Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA pada Materi Energi Terbarukan

Authors

  • Zahrotun Nafahah Universitas Negeri Semarang Author
  • Fifin Dewi Ratnasari Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/upej.v14i2.24550

Keywords:

Digital Teaching Material, Project Based Learning, Scientific Literacy, Renewable Energy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital berbasis Project Based Learning (PjBL) dan menguji efektivitasnya dalam meningkatkan literasi sains siswa kelas X SMA pada materi energi terbarukan. Fokus penelitian mencakup tahapan pengembangan, karakteristik bahan ajar, tingkat kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas bahan ajar dalam meningkatkan literasi sains. Desain penelitian menggunakan model Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji coba lapangan dilakukan di SMA Negeri 3 Semarang dengan melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen (X-3, 34 siswa) dan kelas kontrol (X-1, 34 siswa). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi ahli, angket kepraktisan siswa, serta tes literasi sains berupa pretest dan posttest. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan perhitungan persentase, N-Gain, dan uji statistik paired t-test. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada pengembangan bahan ajar digital berbasis PjBL yang dikemas melalui platform Book Creator, memungkinkan siswa belajar secara mandiri maupun kolaboratif dalam konteks proyek nyata. Validitas bahan ajar diuji oleh ahli media dan materi, sedangkan efektivitasnya dianalisis menggunakan uji statistik paired t-test. Hasil validasi menunjukkan bahan ajar sangat layak dengan skor rata-rata: kelayakan isi 86,66%, penyajian 91,11%, bahasa 80,55%, kegrafisan 90,47%, dan literasi sains 88,45%. Uji kepraktisan oleh siswa menunjukkan skor rata-rata 78,01% (kategori praktis). Hasil uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan signifikan dengan nilai N-Gain 70,02% pada kelas eksperimen (kategori sedang) dan uji paired t-test menunjukkan t = 17,686 dengan p < 0,001. Dengan demikian, bahan ajar digital berbasis PjBL ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa pada materi energi terbarukan.

Downloads

Published

2025-09-01

Article ID

24550

Issue

Section

Research Articles