Media Pembelajaran Majalah Fisika dengan Augmented Reality: Inovasi untuk Literasi Sains Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.15294/upej.v14i2.26419Keywords:
Learning Media, Physics Magazine, Augmented Reality, Science LiteracyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran majalah fisika dilengkapi teknologi Augmented Reality (AR) untuk dinilai kelayakan serta keefektifannya dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Desain uji coba yang digunakan yakni pre-experimental one group pretest-posttest yang melibatkan satu kelompok eksperimen peserta didik kelas XI-F4 SMAN 1 Pecangaan. Majalah fisika dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan skor kelayakan oleh ahli sebesar 0,863 dan majalah fisika dinyatakan efektif untuk meningkatkan literasi sains dengan skor capaian nilai N-gain sebesar 0,69.
Downloads
Published
2025-08-31
Article ID
26419Issue
Section
Research Articles