Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Google Sites Bermuatan Etnosains pada Materi Hukum Newton untuk Meningkatkan Pemahaman Fisika Peserta Didik

Authors

  • Galuh Dwi Jayanti Universitas Negeri Semarang Author
  • Langlang Handayani Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/upej.v14i2.28059

Keywords:

Etnosains, Google Sites, Hukum Newton, Media Pembelajaran, Pemahaman Konsep

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi telah menghadirkan tantangan sekaligus peluang dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan kontekstual. Pembelajaran fisika yang selama ini cenderung abstrak dan sulit dipahami peserta didik, terutama pada materi Hukum Newton, membutuhkan pendekatan baru yang dapat menjembatani konsep ilmiah dengan kehidupan nyata. Salah satu strategi yang potensial adalah integrasi etnosains dalam media pembelajaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis Google Sites bermuatan etnosains pada materi Hukum Newton serta megetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media Google Sites dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Purwantoro dengan melibatkan peserta didik kelas XI. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, lembar pretest dan posttest, dan angket kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis Google Sites yang dikembangkan valid menurut ahli materi dan ahli media, efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika, dan praktis digunakan oleh peserta didik. Media ini terbukti mampu mengaitkan konsep fisika dengan kearifan lokal, sehingga menciptakan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna.

Downloads

Published

2025-09-02

Article ID

28059

Issue

Section

Research Articles