Pengaruh Model Learning Cycle 7E Berbasis Aktivitas Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Gelombang Bunyi
DOI:
https://doi.org/10.15294/upej.v14i2.30052Keywords:
Critical Thinking Skills, Learning Cycle 7E, Sound Waves, inquiry activityAbstract
Keterampilan berpikir kritis menjadi kompetensi penting bagi siswa untuk menghadapi tantangan abad ke-21. Namun, studi pendahuluan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa, khususnya pada materi gelombang bunyi, masih tergolong rendah yang disebabkan oleh kurang optimalnya model pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbasis aktivitas inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis pada siswa yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbasis inkuiri, yang dibuktikan dengan peningkatan skor N-Gain. Uji non-parametrik menggunakan Mann-Whitney U test menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada rata-rata skor posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang mengindikasikan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 7E berbasis inkuiri efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.