Meta-Analisis Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek: Systematic Literature Review Tahun 2020-2025

Authors

  • Rochmat Hanafi Sulistyawan Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang Author
  • Masturi Fisika Universitas Negeri Semarang Author https://orcid.org/0000-0003-4302-0661

DOI:

https://doi.org/10.15294/upej.v14i2.31523

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, PjBL, STEM, Kearifan Lokal, Systematic Literature Review

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) merupakan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam pembelajaran fisika. PjBL yang terintegrasi dengan pendekatan STEM dan kearifan lokal memberikan pengalaman belajar yang lebih relevan dan kontekstual, namun penerapannya masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan kesiapan guru. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review untuk menganalisis penerapan PjBL dalam pembelajaran fisika dari tahun 2020 hingga 2025. Proses penelusuran dilakukan menggunakan platform Consensus yang mengidentifikasi 945 artikel, dengan 48 artikel yang memenuhi kriteria untuk analisis lebih lanjut. Hasil analisis menunjukkan bahwa PjBL, terutama yang terintegrasi dengan STEM, dapat meningkatkan literasi sains, keterampilan berpikir kritis, dan kreativitas siswa. Walaupun demikian, pengembangan instrumen penilaian autentik dan perluasan penerapan PjBL pada topik fisika lainnya sangat diperlukan untuk mengoptimalkan efektivitas pembelajaran ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun tantangan dalam implementasi PjBL masih ada, pendekatan ini terbukti memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan fisika di Indonesia.

Downloads

Published

2025-08-29

Article ID

31523

Issue

Section

Research Articles