Pengembangan Mobile Learning Media Terintegrasi dengan Artificial Intelligence sebagai Virtual Mentor pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains

Authors

  • Mahendra Cipta Pranantya Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/upej.v14i2.33499

Keywords:

Artificial Intelligence, Literasi Sains, Mobile Learning Media, Pemanasan Global, Model BRADeR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan mobile learning media terintegrasi dengan artificial intelligence (AI) sebagai virtual mentor, mengetahui kelayakan mobile learning media terintegrasi dengan AI sebagai virtual mentor, mengetahui respons siswa terhadap mobile learning media terintegrasi dengan AI sebagai virtual mentor, mengetahui efektivitas mobile learning media terintegrasi dengan AI sebagai vrtual mentor dalam meningkatkan literasi sains siswa. Metode penelitian ini adalah research and development dengan model 4D, yang teridiri atas tahapan: (1) Define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Disseminate. Hasil uji validasi ahli materi yang mencakup aspek isi, penyajian, dan kebahasaan mendapat rerata skor 96% dengan kategori sangat layak. Lalu, validasi ahli media yang mencakup aspek pewarnaan, bahasa, tampilan, penyajian, dan ilustrasi mendapat rerata skor 98% dengan kategori sangat layak. Penelitian ini juga mengukur adanya peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada materi pemanasan global, hasil penilaian literasi sains siswa mendapat peningkatan sedang dengan N-gain 0,38. Hasil implementasi media mendapatkan respons yang baik dengan mencakup aspek antusias, kemudahan dan kepraktisan, materi, dan kegrafikan. Secara keseluruhan, respons siswa mendapat nilai sebesar 87% dengan kategori sangat positif.

Downloads

Published

2025-08-31

Article ID

33499

Issue

Section

Research Articles