PENERAPAN PENDEKATAN KONSELING REALITA UNTUK MENGATASI LEARNED HELPLESSNESS (SUATU STUDI EMBEDDED EXPERIMENTAL MODEL PADA MAHASISWA)

Mulawarman Mulawarman(1), Sunawan Sunawan(2),


(1) Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penurunan tingkat learned helplessness sebagai hasil dari penerapan pendekatan konseling Realita pada mahasiswa. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan desain Embedded Experimental. Desain ini dapat diwujudkan melalui pemerolehan data yang bersifat kualitatif yang disertakan dalam desain eksperimental. Penelitian ini menggunakan 2 mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling UNNES sebagai subjek Penelitian yang didasarkan pada hasil seleksi subjek dengan teknik sampling purposif. Hasil penelitian ini dilihat dari hasil secara kuantitatif ditemukan bahwa konseling realita dapat menurunkan tingkat learned helplessness tidak signifikan (Z = -1,342, p (one tail) = 0,09). Meskipun rerata setelah dan sebelum konseling menunjukkan adanya penurunan tingkat learned helplessness, tetapi penurunan tersebut tidak signifikan. Pada uji hipotesa kualitatif menggunakan analisis percakapan dapat ditemukan juga bahwa perubahan terjadi pada sisi tuturan atau wicara konseli dan keinginan konseli maupun tindakan konseli untuk berusaha membuat penyelesaian (solusi) atas masalah learned helplessness. Meski ada perubahan namum perubahan yang dilakukan belum direncanakan secara spesifik sesuai dengan kebutuhan masing-masing konseli

Keywords

pendekatan konseling realita, learned helplessness, embedded experimental model

Full Text:

PDF

References

Bandura, A. 1997. Self Efficacy: The Exercise of Control.

New York: W.H, Freeman and Company.

Corey, G. 2005. Theory and Practice Cottnseling and Psychotherapy.

Belmont: Brooks/Cole-Thomson

Learning.

Corey, G. 2009. Theory and Practice Counseling and Psychotherapy.

Belmont: Brooks/Cole-Thomson

Learning.

Creswell, John W., & Clark, Vicki L. P. 2007. Designing

and Conducting Mixed Methods Research. California:

Sage Publications, Inc

Durkin, K. 1995. Developmental Social Psychology: From

Infancy to Old Age. Cambridge: Blackwell Publishers

Inc.

Elliot, S.N., Kratochwill, T.R., Littlefield. J., & Travers,

J.F. 1999. Educational Psychology: Effective

Teaching, Effective Learning. Madison: Brown &

Benchmark Publisher

Fall, K.A., Holden, J.M., & Marquis, A. 2004. Theoritical

Models Counseling and Psychotherapy. New

York: Taylor and Francis Books Inc.

Field, Andy. 2005. Discovering Statistics Using SPSS.

London: Sage Pub

Flanagan, J.S., & Flanagan, R.S. 2004. Counseling and

Psychotherapy Theories in Context and Practice:

Skills, Strategies and Techniques. New Jersey:

John Wiley & Sons, Inc.

Gay, L.R, Mills. G.E., & Airasian, P 2009. Edttcational

Research:Competencies for Analysis and Applications

(9th edilion). New Jersey: Pearson Education,

Inc.

Gill, J.K. & Martin, J.M. 2008. Learned helplessness.

Dalam N.J. Salkind. Encyclopedia of Educational

Psychology. Thousand Oaks: SAGE Publications

Hadi, S. 2000. Statistik II. Yogyakarra: Penerbit ANDI.

Hansen, J.C., Stevic R.R., & Wamer, R.W., 1982.

Counseling: Thteory and Process. Boston: Allyn

and Bacon, Inc.

Hinton, P.R., Brownlow, C., McMurray, I., Cozens, B.

SPSS Explained. New York: Routledge

Jones, R.N. 2011. Teori dan Praktik Konseling dan Terapi

(terjemahan). Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Liddicoat, Anthony J.2007. An Introductiott to Conversation

Analysis. London: Continuum

McCown, R., Driscoll, M., & Roop, P.G. 1996. Educational

Psychology: A Learning-Cenlered Approach

to Classroom Pructice. Boston: Allyn and Bacon

Montalvo, F.T. & Torres, M.C.G.2004. Self Regulated

Learning: Current and Future Direction. Electronic

Journal of Research in Educational Psychology.

(l), l-34.

Nystul, M.S. 2006. Introduction to Counseling: An Art and

Science Perspective. Boston: Pearson.

Perakyla, Anssi et al. (eds). 2008. Conversation Analysis

and Psychotherapy. London: Cambridge University

Press.

Ramli, M. 1994. Selayang Pandang Pendekatan Konseling

Realitas. Bina Bimbingan. Th. 9, No. l.

Hal. 8-12.

Santoso, Singgih. 2009. Panduan Lengkap Mengatasai

Statistik dengan SPSS 17. Jakarta: PT. Elex Media

Komputindo

Seligman, L. 2006. Theories of Counseling and Psychotherapy:

Systents, Strategies, and Skills. Upper

Saddle River: Merrill Prentice Hall.

Sharf, R.S. 2004. Theories of Psychotherapy and Counseling:

Concepts and Cases. Singapore: Brooks/

Cole- Thomson Leaming.

Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:

Penerbit Alfabeta

Sunawan. 2005. Beberapa Bentuk Perilaku Underachievement

dari Perspektif Teori Self Regulated

Learning. Jurnal lmu Pendidikan. Yol. 12(2),

h.128-142

Schunk, Dale H., Pintrich, P.R., Meece, J.L. 2008. Motivation

in Education: theory, Research and Applications

(3rd edition). New Jersey: Pearson Education, Inc

Slavin, R.E. 2006. Educational Psychology: Theory and

Practice. Boston: Pearson Merril Prentice Hall.

SPSS, Inc. 2006. SPSS 16.0 Brief Guide. Chicago: SPSS

Inc

Wubbolding, R.E. 1995. Reality Therapy Theory.

Dalam Captzi,D., & Gross, D.R. Counseling and

Psychotherapy : Theories and Interventions. Upper

Saddle River: Merrill Prentice Hall.

Wubbolding, R.E. 2007. Reality Therapy Theory.

Dalam Capluzzi, D., & Gross, D.R. Counseling

and Psychotherary: Theories and Interventions. Upper

Saddle River: Merrill Prentice Hall

Yates, Shirley. 2009. Teacher Identifi cation of Student

Learned helplessness in Mathematics . Mathematics

Research Education Journal. 2l (3), 86-l06

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.