HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KOMUNIKASI ANAK DAN ORANG TUA DENGAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA SMP N 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2011-2012
(1) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Semarang
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kebiasaan belajar siswa dan kualitas komunikasi anak dan orang tua pada siswa SMP Negeri 13 Semarang serta untuk mengetahui hubungan antara kualitas komunikasi antara anak dan orang tua dengan kebiasaan belajar siswa SMP Negeri 13 Semarang. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada hubungan antara kualitas komunikasi anak dan orang tua dengan kebiasaan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif korelasional. Subjek pada penelitian ini berjumlah 72 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional stratified random sampling. Kebiasaan belajar diukur dengan skala kebiasaan belajar yang mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,97l. Skala kebiasaan belajar terdiri dari 66 aitem valid dengan rentang koefisien validitas dari 0,344 sampai dengan 0,852. Sedangkan kualitas komunikasi antara anak dengan orang tua diukur dengan menggunakan skala kualitas komunikasi antara anak dan orang tua yang mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,964. Skala kualitas komunikasi antara anak dan orang tua terdiri dari 45 item valid dengan rentang koefisien validitas dari 0,338 sampai dengan 0,771. Uji korelasi menggunakan teknik korelasi product moment yang dikerjakan menggunakan bantuan program SPSS I 7.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel kebiasaan belajar siswa tergolong tinggi. Demikian juga variabel kualitas komunikasi antara anak dengan orang tua juga tergolong tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas komunikasi antara anak dan orang tua dengan kebiasaan belajar siswa. Korelasi kualitas komunikasi antara anak dan orang tua dengan kebiasaan belajar diperoleh koefisien r=0,717 dengan signifikansi atau p=0,000.
Abstract
This study aims to determine students’ learning habits and quality of communication of children and parents on the students of SMP Negeri 13 Semarang as well as to determine the relationship between quality of communication between children and parents with the learning habits of students of SMP Negeri 13 Semarang. The hypothesis in this study is no relalionship between quality of communication with children and parents of students learning habits. Quantitative research is a correlational study. Subjects in this study amounted to 72 students. Sampling technique used is proportional stratified random sampling. study habits were measured by the scale of study habits that have a reliability coefficient of 0.97l. The scale consists of 66 study habits aitem valid with validity coefficients range from 0.344 to 0.852. While the quality of communication between children and parents were measured using a scale of quality of communication between children and parents who have a reliability cofficient of 0.964. The scale of the quality of communication between children and parents consisted of 45 aitem valid with validity coefficients range from 0.338 to 0.77 l. Correlation test using the product moment correlation technique is done using SPSS 17.0 for windows. Results showed students’ learning habit variables is high. Similarly, the variable quality of communication between children and parents are also quite high. The rerults showed that there is a relationship between quality of communication between children and parents with students’ learning habits. Correlation of quality of communication between children and parents with learning habits acquired cofficient r = 0.717 with a significance or p = 0.000.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Syaifudin. 2009. Metode Penelitian. Yogyakarta
: Pustaka Pelajar.
Chapman, Gary. 2003. Lima Bahasa Kasih untuk Remaja.
Batam: Interaksara.
Chaplin, JP. 2008. Kamus Lengkap Psikologi (Penerjemah
Dr. Kartini Kartono). Jakarta: PT Raja Grafindo.
De Vito,Joseph. 1997. Komunikasi AntarMunusia (Alih
Bahasa Ir..,lgus Matrlano MSM). Jakarta: Profesional
Books
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi
Aksara.
Djamarah. Syaiful B. 2008. Rahasia Sukses Belajar. Jakarla:
Rineka Cipta.
Hodijah. 2008. Hubungan Antara Intensitas Komunikasi
Orang Tua dan Anak dengan Motivasi
Belajar Anak. Jurnal. Online at http// www.
gunadarma. ac.id/library/articles/ graduate/
psychology/ 2008/Artikel_10502105.pdf (accesed
/12/2010).
Ilyas. 2004. Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap
Prestasi Belajar Siswa pada MTsN Model
Makasar (Suatu Study Komunikasi Pendidikan).
Tesis. Universitas Hasanuddin Makasar
Kurniawati, A, I.C. Djami, N. Handayani, & S. Kurniawan.
Hubungan Antara Kebiasaan Belajar
dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa
Semester II Fakultas Psikologi Universitas
Merdeka Malang. Jurnal Psikologi Tabularsih.
Tahun I, Vol.2, Agustus 2003.
Prayitno. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling.
Jakarta: Rineka cipta
Puspitawati. Herien. 2008. Pengaruh Komunikasi
Keluarga Lingkungan Teman dan Sekolah terhadap
Kenakalan Pelajar dan Nilai Pelajaran
pada Sekolah Menengah di Kota Bogor. Jurnal
llmiah Pekerjaan Sosial. Vol.7 Nomor 2, November
Online at http://iirc.ipb.ac.Id /jspui
/bitstream/123456789/ 40299 /1/PUBLIKASI%
ARTIKEL%20ILMIAH%2010.pdf. (accesed
/12/2010).
Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi.
Bandung: Remaja Rosdakarya
Sandro, Sriyono. 2005. Pengaruh Kepedulian Orang
Tua Terhadap Perilaku Kelas III SMK Sukowati
Sragen Tahun Pelajaran 2004-2005. Skripsi.
Jurusan Teknik Mesin. UNNES.
Setiadharma. 2001. Persepsi Orang dalam Membentuk
Perilaku Anak. Jurnal Psikologi. Vol IV No.6
Desember 2009 Halarnan 20.
Setianingsih, Dina. 2007. Perbedaan Kedisiplinan Belajar
Siswa Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua.
Skripsi. Jurusan Psikologi. UMS.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.
Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyo. 2005. Komunikasi Antar Pribadi.
UNNES:UNNES Press
Sularsih. 2007. Hubungan antara kebiasaan belajar
dan keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar
akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri
Surakarta tahun ajaran 2006/2007. ,Skripsi.
UNS
Suparno, Suhaenah. 2001. Membangun Kompetensi Belajar.
Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan
Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.