HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KOMUNIKASI ANAK DAN ORANG TUA DENGAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA SMP N 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2011-2012

Nurul Rahmawati(1), Tri Esti Budiningsih(2),


(1) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kebiasaan belajar siswa dan kualitas komunikasi anak dan orang tua pada siswa SMP Negeri 13 Semarang serta untuk mengetahui hubungan antara kualitas komunikasi antara anak dan orang tua dengan kebiasaan belajar siswa SMP Negeri 13 Semarang. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada hubungan antara kualitas komunikasi anak dan orang tua dengan kebiasaan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif korelasional. Subjek pada penelitian ini berjumlah 72 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional stratified random sampling. Kebiasaan belajar diukur dengan skala kebiasaan belajar yang mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,97l. Skala kebiasaan belajar terdiri dari 66 aitem valid dengan rentang koefisien validitas dari 0,344 sampai dengan 0,852. Sedangkan kualitas komunikasi antara anak dengan orang tua diukur dengan menggunakan skala kualitas komunikasi antara anak dan orang tua yang mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,964. Skala kualitas komunikasi antara anak dan orang tua terdiri dari 45 item valid dengan rentang koefisien validitas dari 0,338 sampai dengan 0,771. Uji korelasi menggunakan teknik korelasi product moment yang dikerjakan menggunakan bantuan program SPSS I 7.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel kebiasaan belajar siswa tergolong tinggi. Demikian juga variabel kualitas komunikasi antara anak dengan orang tua juga tergolong tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas komunikasi antara anak dan orang tua dengan kebiasaan belajar siswa. Korelasi kualitas komunikasi antara anak dan orang tua dengan kebiasaan belajar diperoleh koefisien r=0,717 dengan signifikansi atau p=0,000.
Abstract
This study aims to determine students’ learning habits and quality of communication of children and parents on the students of SMP Negeri 13 Semarang as well as to determine the relationship between quality of communication between children and parents with the learning habits of students of SMP Negeri 13 Semarang. The hypothesis in this study is no relalionship between quality of communication with children and parents of students learning habits. Quantitative research is a correlational study. Subjects in this study amounted to 72 students. Sampling technique used is proportional stratified random sampling. study habits were measured by the scale of study habits that have a reliability coefficient of 0.97l. The scale consists of 66 study habits aitem valid with validity coefficients range from 0.344 to 0.852. While the quality of communication between children and parents were measured using a scale of quality of communication between children and parents who have a reliability cofficient of 0.964. The scale of the quality of communication between children and parents consisted of 45 aitem valid with validity coefficients range from 0.338 to 0.77 l. Correlation test using the product moment correlation technique is done using SPSS 17.0 for windows. Results showed students’ learning habit variables is high. Similarly, the variable quality of communication between children and parents are also quite high. The rerults showed that there is a relationship between quality of communication between children and parents with students’ learning habits. Correlation of quality of communication between children and parents with learning habits acquired cofficient r = 0.717 with a significance or p = 0.000.

Keywords

kebiasaan belajar, kualitas komunikasi anak dan orang tua

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Syaifudin. 2009. Metode Penelitian. Yogyakarta

: Pustaka Pelajar.

Chapman, Gary. 2003. Lima Bahasa Kasih untuk Remaja.

Batam: Interaksara.

Chaplin, JP. 2008. Kamus Lengkap Psikologi (Penerjemah

Dr. Kartini Kartono). Jakarta: PT Raja Grafindo.

De Vito,Joseph. 1997. Komunikasi AntarMunusia (Alih

Bahasa Ir..,lgus Matrlano MSM). Jakarta: Profesional

Books

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi

Aksara.

Djamarah. Syaiful B. 2008. Rahasia Sukses Belajar. Jakarla:

Rineka Cipta.

Hodijah. 2008. Hubungan Antara Intensitas Komunikasi

Orang Tua dan Anak dengan Motivasi

Belajar Anak. Jurnal. Online at http// www.

gunadarma. ac.id/library/articles/ graduate/

psychology/ 2008/Artikel_10502105.pdf (accesed

/12/2010).

Ilyas. 2004. Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap

Prestasi Belajar Siswa pada MTsN Model

Makasar (Suatu Study Komunikasi Pendidikan).

Tesis. Universitas Hasanuddin Makasar

Kurniawati, A, I.C. Djami, N. Handayani, & S. Kurniawan.

Hubungan Antara Kebiasaan Belajar

dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa

Semester II Fakultas Psikologi Universitas

Merdeka Malang. Jurnal Psikologi Tabularsih.

Tahun I, Vol.2, Agustus 2003.

Prayitno. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling.

Jakarta: Rineka cipta

Puspitawati. Herien. 2008. Pengaruh Komunikasi

Keluarga Lingkungan Teman dan Sekolah terhadap

Kenakalan Pelajar dan Nilai Pelajaran

pada Sekolah Menengah di Kota Bogor. Jurnal

llmiah Pekerjaan Sosial. Vol.7 Nomor 2, November

Online at http://iirc.ipb.ac.Id /jspui

/bitstream/123456789/ 40299 /1/PUBLIKASI%

ARTIKEL%20ILMIAH%2010.pdf. (accesed

/12/2010).

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi.

Bandung: Remaja Rosdakarya

Sandro, Sriyono. 2005. Pengaruh Kepedulian Orang

Tua Terhadap Perilaku Kelas III SMK Sukowati

Sragen Tahun Pelajaran 2004-2005. Skripsi.

Jurusan Teknik Mesin. UNNES.

Setiadharma. 2001. Persepsi Orang dalam Membentuk

Perilaku Anak. Jurnal Psikologi. Vol IV No.6

Desember 2009 Halarnan 20.

Setianingsih, Dina. 2007. Perbedaan Kedisiplinan Belajar

Siswa Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua.

Skripsi. Jurusan Psikologi. UMS.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.

Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyo. 2005. Komunikasi Antar Pribadi.

UNNES:UNNES Press

Sularsih. 2007. Hubungan antara kebiasaan belajar

dan keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar

akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri

Surakarta tahun ajaran 2006/2007. ,Skripsi.

UNS

Suparno, Suhaenah. 2001. Membangun Kompetensi Belajar.

Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan

Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.