Reality Not Imagination: Konseling Reality Therapy Membantu Penyesuaian Akademik
(1) Departemen Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga
Abstract
Iklim akademik di perguruan tinggi menuntut mahasiswa memiliki penyesuaian diri yang mumpuni. Namun, tidak menutup kemungkinan terdapat mahasiswa yang kurang adaptif sehingga memengaruhi pencapaian prestasi akademiknya. Konseling dengan pendekatan reality therapy dapat digunakan untuk membantu mahasiswa menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling dengan pendekatan reality therapy dalam meningkatkan penyesuaian akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode single case experimental design dengan perlakuan berupa pemberian konseling dengan pendekatan reality therapy terhadap seorang mahasiswa semester 5 yang mengalami hambatan penyesuaian akademik. Instrumen penelitian berupa skala penyesuaian akademik. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggambarkan perubahan yang dialami subjek sebelum dan setelah mengikuti konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek mengalami peningkatan penyesuaian akademik setelah diberikan konseling dengan pendekatan reality therapy. Subjek mengalami kemajuan dalam memetakan target perkuliahan dan mampu menunjukkan kegigihan dalam meningkatkan penyesuaian akademik.
Academic climate in Higher Education requires students to have a good adaptation, but it does not rule out the possibility that there are students who are less adaptive and thus affect their academic achievement. Counseling with the reality therapy approach can be used to help students become more responsible individuals. This study aims to determine the effectiveness of counseling with the reality therapy approach in improving student academic adjustment. This study used a single case experimental design method with the treatment in the form of giving counseling with a reality therapy approach to a 5th semester student who experiences obstacles in academic adjustment. The research instrument is an academic adjustment scale. Data was analyzed descriptively by describing the changes experienced by the subject before and after taking counseling. The results showed that subjects experienced an increase in academic adjustment after being given counseling with the reality therapy approach. Subject made progress in mapping the target lectures and were able to show persistence in improving academic adjustment.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amriana. (2015). Konseling krisis dengan pendekatan konseling realitas untuk menurunkan kecemasan anak korban kekerasan seksual (Penelitian single subject di Pusat Pelayanan Terpadu Provinsi Jawa Timur). Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 5 (1): 1-25.
Anderson, J. R., Guan, Y., & Koc, Y. (2016). The academic adjustment scale: Measuring the adjustment of permanent resident or sojourner students. International Journal of Intercultural Relations. 54, 68-76.
Bariyyah, K, Hastini, R. P., & Sari, E. K. W. (2018). Konseling realitas untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. Konselor, 7 (1): 1-8.
Cazan, A. M., & Stan, M. M. (2014). Self-directed learning and academic adjustment at romanian students. Romanian Journal of Experimental Applied Psychology, 6(1), 10-20.
Clinciu, A. I., & Cazan, A. M. (2014). Academic adjustment questionnaire for the university students. Social and Behavioral Sciences, 127, 655-660.
Corey, G. (2013). Teori dan praktek: Konseling & psikoterapi. Cetakan ke-7. Bandung: Refika Aditama.
Ghufron, M.N., & Risnawita S., R. (2011). Teori-teori psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Iruloh, B. R. N., & Ukaegbu, H. M. (2017). Social support, coping strategies and academic adjustment of first year university undergraduates in rivers state, Nigeria. British Journal of Psychology Research, 5(1), 21-31.
Masrohan, A., & Pratiwi, T. I. (2014). Penerapan konseling kelompok realita teknik WDEP untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rogojampi Banyuwangi. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Nashrullah, F. A. (2015). Konseling kelompok dengan pendekatan konseling realitas sebagai upaya menurunkan prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Piyungan Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Puspita D., P., & Setiawat, D. (2013). Penerapan konseling kelompok realita teknik WDEP untuk meningkatkan perilaku bertanggung jawab dalam mematuhi tata tertib sekolah pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wonoayu. Jurnal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Schneider, A. A. (1955). Personal adjustment and mental health. New York: Halt Rinehart & Winston.
Setyaningsih, T. S. (2011). Pendekatan konseling realita dalam mengubah konsep diri negatif siswa broken home. Skripsi. Semarang: Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.