RESPON MAHASISWA TERHADAP PRAKTIK PEER COUNSELING PADA MATA KULIAH KETRAMPILAN DASAR KONSELING
(1) Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah
Abstract
Pemberian pengalaman praktik merupakan komponen penting dari program pendidikan konselorPengalaman praktik konseling dalam pendidikan konselor diharapkan bisa membantu mahasiswa untuk bisa lebih menguasai materi yang dipelajarinya dalam mata kuliah Ketrampilan Dasar Konseling (KDK). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap praktik peer counseling pada mata kuliah Ketrampilan Dasar Konseling. Penelitian ini merupakan jenis pre-eksperimental design dengan menggunakan one shoot case study design dan teknik one stage cluster random sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif prosentase. Hasil analisis data menunjukkan respon positif sebesar 91.76%; baik dari indikator persepsi 95.12%, sikap penerimaan 89.02%, sikap persetujuan 93.90%, sikap kecocokan 94.20%, minat 86.88% dan motivasi 91.46%. Berdasarkan data tersebut bisa disimpulkan bahwa mahasiswa memberi respon yang baik atas aktivitas praktik peer counseling sebagai media pengalaman praktik konseling dalam mata kuliah Ketrampilan Dasar Konseling. Atas dasar simpulan penelitian ini bisa disarankan kepada pengajar atau dosen mata kuliah Ketrampilan Dasar Konseling sebaiknya mempertahankan model peer counseling sebagai media pengalaman praktik konseling pada mata kuliah Ketrampilan Dasar Konseling.
Giving practical experience is an important component of counselor education program. Counseling practice experience in counselors education are expected to help students to be more competent in basic counseling skills subject. The aim of this research are evaluating the effectiveness of peer counseling practice. This study is a pre-experimental design using shoot one case study design and the sampling technique used is one stage cluster random sampling. Descriptive analysis percentage used as data analysis methode. Results of percentage data analysis student to the peer counseling model showed a positive response at 91.76%, from indicators of perception 95.12%, acceptance 89.02%, approval attitude 93.90%, suitability attitude 94.20%, interest 86.88%, and motivation 91.46%. Thus, it means that the hypothesis is accepted that students respond positively to peer counseling practices and effective as media experience counseling practice . Suggestions from this research that peer counseling model should be applied as a model of peer counseling media experience counseling practice in the subject of KDK .
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.