EKSPLORASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Nuke Martiarini(1),


(1) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah

Abstract

Penanaman nilai-nilai luhur pendidikan karakter akan efektif jika ada konsistensi antara nilai-nilai yang ditanamkan pada masa usia dini, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, sampai dengan Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (melalui eksplorasi), nilai-nilai karakter yang dipahami guru dan upaya untuk menanmkannya kepada siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar negeri dan swasta yayasan agama di wilayah Gunungpati Semarang. Pengambilan data dilakukan melalui dua tahap, yaitu melaui focused group discussion (FGD) kemudian dilanjutkan dengan wawancara mendalam. Hasilnya adalah, nilai-nilai karakter yang dipahami oleh subjek mencakup kesesuaian dengan visi misi sekolah (membentuk pribadi yang cerdas dan beriman), pentingnya menggunakan bahasa lokal (Jawa) untuk menanamkan nilai-nilai menghargai (yang lebih muda dan setara) dan menghormati (yang lebih tua), pentingnya menanamkan nilai kejujuran (ada beberapa temuan tentang ketidakjujuran), nilai kepedulian terhadap sesama, dan untuk menanamkan nilai-nilai tersebut diperlukan contoh konkret (teladan) dari guru, dan secara makro perlu kontrol (hierarkis) dari dinas pendidikan

The values of character education will be effective if there is consistency between the values instilled in early childhood, primary school, high school, to the university. This study aims to determine the values of the characters that are understood by teachers to students. This type of research is qualitative with phenomenological approach. The subjects were elementary school teachers of public and private school Gunungpati Semarang. Data were collected through two stages, first collected by focused group discussion (FGD), then by in depth interviews.The result are,the values of characters must be connected with the vision and mission of the school (forming personal intelligent and faithful),the importance of using local languages (Java) to instill the values of respect,the importance of instilling the values of honesty (there are several findings of dishonesty), the value of caring for others,and to instill the values of the required concrete examples (example)of the teachers, and all of them need to control by department of education.

Keywords

character values, primary school teacher

Full Text:

PDF

References

Albertus, D.K. (2012). Pendidikan Karakter : Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta : Penerbit Kanisius

Bandura, A. (1971). Psychological Modelling : Conflicting Theories. New York : Holt, Rinehart and Winston

Bandura, A. (1994). Self Efficacy in V.S. Ramachaudran (Ed.) Encyclopedia of Human

Behaviour. New York : Academic Press

Covey, S.R., Merrill, A.R., Merrill, R.R.(1999). First Things First : Understand Why So

Often Our First Things Aren't First. Simon & Schuster UK Ltd.

Dwiantara, L., Rumsari, H.S. (2006). Etiket di Tempat Kerja. Yogyakarta : Penerbit Kanisius

Kartodirdjo, S. (1967). Kolonialisme dan Nasionalisme Indonesia Abad XIX - XX. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Kesuma, D., Triatna, C., Permana, J. (2012). Pendidikan Karakter : Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Hans Kohn. (1984). Nasionalisme Arti dan Sejarahnya. Terj. Sumantri Mertodipuro. Jakarta: Erlangga

Lan, T. J dan Manan, M. A. (2011). Nasionalisme dan Ketahanan Budaya di Indonesia: Sebuah Tantangan (ed). Jakarta : LIPI Press.

Lickona, T. (2012). Mendidik untuk Membentuk Karakter. Terjemahan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Lukitaningsih, D.Y. (2011). Pendidikan Etika, Moral, Kepribadian, dan Pembentukan Karakter. Jogja Mediautama

Megawangi, R. (2004). Pendidikan Karakter : Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Bogor : Indonesia Heritage Foundation

Murphy, H.A. , Peck, C.E. (1980). Effective Business Communications. Mc Graw Hill

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter : Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta : PT Bumi Aksara

Schunk, D.H. (2012). Learning Theories : An Educational Perspective. 6th Edition. Boston : Pearson

Smith, A.D. (2003). Nasionalisme Teori, Ideologi, dan Sejarah. Terjemahan. Jakarta:Erlangga.

Winarti, E. (2003). Pengembangan Kepribadian. Jakarta : Graha Ilmu

Zimmerer, T.W., Scarborough, .M. (1996). Entrepreneurship and New Venture Formation. New York : Prentice Hall

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.