PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERPIMPIN UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD

A. Sochibin(1), P. Dwijananti(2), P. Marwoto(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa terhadap pokok bahasan air dan
sifatnya, selain itu juga untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan keterampilan bepikir kritis siswa kelas IV semester
gasal SDN Sekaran 01 Gunungpati Semarang tahun ajaran 2008/2009. Metode dokumentasi, metode tes, dan metode observasi
digunakan untuk mengumpulkan data. Data hasil pemahaman konsep diperoleh dengan mengadakan tes setelah selesai
pembelajaran baik siklus I maupun siklus II, sedangkan untuk data keterampilan berpikir kritis diadakan observasi pada saat
pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Inquiry terpimpin dapat meningkatkan
pemahaman konsep siswa dan menumbuhkembangkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SD pokok bahasan air dan
sifatnya.

 

This class action research is aimed to know the comprehensive improvement of concept of students on water and its nature topic
and to know the growth and development of critical thinking skill of class IV students odd semester of Sekaran 01 Elementary
School Gunungpati Semarang academic year 2008/2009. Documentation, test, and observation used to collect data.
Documentation, test, and observation methods were acquired by using tests after learning is finished either first methods or second
cycle, while critical thinking skill data an observation was done during the learning process. The results of the study showed that
guided inquiry learning model can enhance students' understanding of concept and develop critical thinking skills of students of IV
class elementary school on water and its nature.

Keywords: critical thinking; guided inquiry; learning method

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License