PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA DALAM MEMBUAT KARYA IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED-INSTRUCTION DI SMP

- Sulistyanto(1), A. Rusilowati(2),


(1) 
(2) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang menarik dan disukai siswa, menumbuhkan kretivitas siswa
dalam membuat alat peraga IPA, dan meningkatkan perolehan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya konsep Alat
Optik. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 3 Ungaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2008/2009.
Penelitian tindakan ini berlangsung sebanyak 3 siklus. Model pembelajaran yang diterapkan adalah problem based-instruction,
dengan metode demonstrasi dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa meningkat dari siklus satu ke
siklus berikutnya. Ketuntasan klasikal yang dicapai selalu 100%. Pada setiap siklus, nilai rata-rata tes mengalami peningkatan,
yaitu 93,1 pada siklus I menjadi 94,7 pada siklus II dan 97,2 pada siklus III. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tidak
mengganggu hasil belajar siswa.

 

This study is aimed to create an exciting and preferable learning condition, grow students' creativity in making natural science, and
improve student learning outcomes in natural science subjects in particular optic tool concept. Subject research is a class VIII
student H SMP Negeri 3 Ungaran Semarang District of 2008/2009. The act study uses 3 cycles. The applied learning model is
problem-based, with demonstration method and experiment on study results show that the creativity of students increased from
one cycle to the next cycle. The achieved classic mastery is always 100%. At each cycle, the average test scores increased,
namely from 93.1 to 94.7 in cycle I to cycle II and 97.2 in III. The cycle showed that the model does not interfere with student learning
outcomes.

Keywords:creativity, problem based instruction;natural science

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License