PENGEMBANGAN EVALUASI PETA KONSEP UNTUK MENGUKUR STRUKTUR KOGNITIF PADA POKOK BAHASAN PEMBIASAN

- Supriyanto(1),


(1) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perangkat evaluasi peta konsep yang dapat mengukur struktur kognitif pada pokokbahasan pembiasan, menentukan validitas dan reliabilitas dari evaluasi peta konsep yang dikembangkan serta memperolehgambaran struktur kognitif siswa pada pokok bahasan pembiasan. Pengembangan model ini menggunakan jenis penelitianResearch and Development. Nilai validitas peta konsep pada daftar sebesar 0,986 dan nilai rata-rata reliabilitas seorang ratersebesar 0,772. Berdasarkan hasil analisis data besar kecilnya persentase indikator peta konsep dengan daftar konsep selaludiiringi dengan nilai besar kecilnya persentase indikator pada soal uraian contoh pembiasan kaca planparalel: 100% peta konsep98% soal uraian. Gambaran struktur kognitif siswa dalam pemahaman konsep pembiasan melalui peta konsep dengan daftar96% siswa dapat menentukan proposisi, 94% siswa dapat menentukan hirarki 98% siswa dapat menentukan crosslink dan 100%siswa dapat menentukan contoh.

 

The goals of this research are to get the mind mapping teaching material that can measure student's cognitive structure of topic ofrefraction; to determine the validity and the reliability of mind mapping evaluation; and to obey the cognitive structure descriptionfrom the students of topic of refraction. The development of this model was used Research and Development. The validity score ofmind mapping model is 0.986 and average reliability score of rates 0.772. Based on these analysis results, the difference ofindicators of mind mapping model can be draw as follows. The students' cognitive structure of topic of refraction are 96% of studentsare able to determine the proposition; 94% of students can specify the hierarchies; 98% of students attain to arrange the crosslink;and 100% of students are able to decide the samples.

Keywords: mind mapping instrument; learning development; cognitive structure

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License