EDUCATIONAL COMPUTER GAME MATERI LISTRIK DINAMIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK SISWA SMA

T. H. Purnomo(1), - Sugiyanto(2), I. Akhlis(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Menurut sebagian besar siswa konsep-konsep dalam ilmu fisika dianggap rumit atau sulit dimengerti. Untuk mengatasi haltersebut penulis mengembangkan multimedia pembelajaran berbentuk game komputer edukasi (educational computer game)yang diterapkan pada pokok bahasan listrik dinamis. Penelitian ini bertujuan mengembangkan game komputer edukasi materilistrik dinamis dan menguji kelayakannya sebagai media pembelajaran. Program game ini didesain untuk menyampaikan materiyang bersifat review dan pengayaan. Software yang digunakan dalam pembuatan game ini adalah Adobe Flash CS3 denganbahasa Actionscript 2.0. Dalam permainan game, pemain harus menyelesaikan permasalahan-permasalahan terkait denganmateri listrik dinamis. Program yang dihasilkan divalidasi dengan uji ahli, kemudian diuji cobakan pada siswa sebanyak 106responden untuk mengetahui tingkat kelayakan media berdasarkan kriteria/indikator yang telah ditentukan. Data diolah secaradeskriptif persentase dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa educational computer game materilistrik dinamis yang digunakan sebagai media pembelajaran fisika bagi siswa SMA ini memiliki kriteria “baikâ€. Hasil tersebutmenunjukkan bahwa program game komputer edukasi yang diterapkan pada pokok bahasan listrik dinamis ini dapat digunakansebagai media pembelajaran fisika untuk siswa SMA, dan lebih efektif apabila digunakan sebagai suplemen atau tambahansetelah guru menjelaskan materi di kelas.

 

Most of students think that physics concepts are difficult. This causes many students do not like physics lesson. To cover thisproblem, the learning multimedia in a form of educational computer game applied in electrodynamics topic was developed. Thisstudy aims to develop educational computer game of dynamics electricity and test its feasibility as a learning media. The gameprogram is designed to deliver review and enrichment material and uses Adobe Flash CS3 and Actionscript 2.0 language. It wastested by using expert test and given to 106 respondents for examining its indicator based feasibility. The data was processed byusing likert scale. The study result shows that the game has good criteria to be used as learning media for SHS student, satisfyingsucceed indicator of 83.75 and can be applied effectively as a learning supplement after explaining the material.

Keywords: educational computer gam; dynamic electricity; learning media

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License