KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN MULTIMEDIA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA
(1) 
(2) Delik Rejosari RT 03/03 Kalisegoro Gunungpati, Semarang Telp/Fax. +62248508045 Email: [email protected]
(3) 
Abstract
Landasan berpikir pendekatan inkuiri yaitu konsep pembelajaran dimana guru tidak hanya sekedar memberikan pengetahuankepada siswa. Siswa harus membangun sendiri pengetahuan di dalam benaknya. Agar siswa merasa tertarik dan termotivasiuntuk belajar, pendekatan pembelajaran dengan menggunakan media yang tepat sangat diperlukan. Peneliti memanfaatkansoftware Macromedia Flash 8 Professional sebagai media pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing untukmeningkatkan minat dan pemahaman siswa.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat dan pemahaman siswa.Untuk itu perlu dilakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus meliputi tahapanperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil belajar kognitif diperoleh melalui tes, sedangkan minat belajarsiswa diperoleh melalui lembar kuesioner. Peningkatan rata-rata hasil belajar pada siklus II cukup signifikan karena secaraindividu siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat dari 13 siswa menjadi 38 siswa. Pemahaman siswa meningkat dari60% siswa yang dinyatakan tidak paham pada siklus I menjadi5%siswa yang dinyatakan tidak paham untuk siklus II. Hasil analisistanggapan siswa terhadap pengajaran diperoleh rata – rata tanggapan siswa sebelum tindakan sebesar 72,90%. Setelahtindakan, nilai rata – rata tanggapan siswa meningkat menjadi 76,81%.
Â
Thinking base of inquiry learning is the learning concept in which the teacher does not only give knowledge to the student. Thestudents have to build their own knowledges in their minds. In order to attract and motivate them to learn, the lesson using suitablemedia is needed. The researcher used media of Macromedia Flash 8 Professional software and guided inquiry approach toincrease the interest and understanding of student in the two cycles-classroom action research consisting of planning, action,observation and reflection. The cognitive learning achievement data was found through test, while students' interest of learningdata was gathered by using quesionaire sheet. The increase of learning achievement average in the second cycle was significantenough because individually, the student who increase his/her learning mastery increased from 13 to 38 students. Additionally, theunderstanding of student also increased. There were only 5% of students who did not understand in the second cycle. The result ofstudent comment to the lesson showed that average of students' comment increased from 72.90% to 76.81%.
Keywords: Learning media; interest and understanding; inquiry approach
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License