PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA UMUM MELALUI PEMBELAJARAN BERMAKNA DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP

C. I. Yogihati(1),


(1) 

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui proses pelaksanaan penggunaan peta konsep dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran Fisika Umum (2) ) mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran Fisika Umum melalui pembelajaran bermakna
dengan menggunakan Peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Hasil
penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan persentase keterlaksanaan pembelajaran dan ketuntasan belajar mahasiswa
peserta matakuliah Fisika Umum Semester Ganjil 2010/2011 di Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang.Penggunaan
peta konsep dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Fisika Umum perlu perencanaan yang matang dengan memperhatikan
langkah-langkah yang ditentukan dan mengikuti aturan yang berlaku, sehingga faktor-faktor penghambatnya dapat diminimalkan.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan peta konsep membawa hasil yang lebih baik, namun membutuhkan
waktu yang lebih banyak.

 

The goals of this research are: (1) to know the mind mapping process in improving learning quality of General Physics, (2) to know
the quality improvement of a meaningful learning process in applying mind mapping method. The research is a classroom action
research with two cycles. The result of the research shows a significant gain in percentage of learning process and learning mastery
of General Physics in Physics Department of Universitas Negeri Malang academic year 2010/2011. In applying mind mapping
method, a good lesson plan is a must. Obtaining the roles of mind mapping method can minimize constrains. The conclusion of the
research is that mind mapping gives a good impact on the learning process, but it needs more time to do it properly.

Keywords: general physics; mind mapping; learning quality improvement

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License