KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PEMAHAMAN IPA POKOK BAHASAN KALOR PADA SISWA SMP

R. A. Purwantoko(1), Susilo -(2), Sutikno -(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan menggunakan media puzzle terhadap meningkatnya
pemahaman IPA. Jenis Penelitian yang digunakan adalah desain penelitian eksperimen dengan desain kelompok kendali pretestpostest.
Sampel penelitian diambil dua kelas, yaitu eksperimen menggunakan media puzzle (teka-teki) dan kelas kendali
menggunakan metode konvensional. Pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Rata-rata hasil belajar
kelas eksperimen sebesar 80,84 dengan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar individual sebesar 97,36%. Ratarata
hasil belajar kelas kendali sebesar 75,68 dengan persentase ketuntasan belajar individual sebesar 89,474%. Kedua kelas
mengalami peningkatan, dimana peningkatan kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kendali. Dari hasil uji t data post test
didapatkan t hitung = 2,805 dan t tabel = 2,024 dengan (@)= 5%. Karena t hitung > t tabel (1-1/2@) maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan
demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media teka-teki meningkatkan pemahaman IPA
siswa.

 

The goal of the research is to find out the effectiveness of puzzle media in increasing students' understanding about science.
Experimental research design is used in this research. Control group with conventional learning method and experiment group with
puzzle media were set in this research. Data of the research were collected from documentation method and test method. The
average of experiment group' achievements is 80.84 with 97.36%of students were categorized individual mastery. The average of
control group' achievements is 75.68 with 89.474%of students were categorized individual mastery. Experiment group gets higher
score than control group. From t test analysis, tcalculation = 2.805 and ttable = 2.024 with = 5%. It means that the hypothesis is
accepted. It can be concluded that the use of puzzle media increases the students' understanding in learning science.

Key words: effectiveness; puzzle media; understanding of science

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License