PENGEMBANGAN “CELS†DALAM EKSPERIMEN FISIKA DASAR UNTUK MENGEMBANGKAN PERFORMANCE SKILLS DAN MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA
(1) Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Indonesia
(2) Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Indonesia
(3) Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan mengembangkan keterampilan kinerja (performance skills) mahasiswa dalam bereksperimen melalui Combination Experiment Laboratory by Simulation (CELS) pada eksperimen elastisitas untuk benda tegar. CELS merupakan kegiatan eksperimen yang memadukan antara eksperimen verifikatif dengan eksperimen berbasis multimedia komputer baik berupa simulasi komputer maupun video yang dikembangkan dari internet. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R and D) dengan subjek penelitian adalah mahasiswa Eksperimen Fisika Dasar di salah satu LPTK Jawa Barat. Langkah-langkah dalam penelitian pengembangan ini, yaitu: analisis kebutuhan, desain perkuliahan, pengembangan media, evaluasi produk (validasi ahli, one to one evaluation, small goup evaluation, dan field evaluation), dan hasil produk CELS. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket motivasi belajar mahasiswa dan lembar pengamatan berbasis performance assessment (penilaian kinerja). Analisis data menggunakan analisis skala sikap atau skala Likert (1, 2, dan 3) untuk menghasilkan persentase pencapaian motivasi belajar dan analisis dengan Rating Scale (skala 4 dan skala 5) untuk penilaian kinerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan CELS dapat me-ningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan mengembangkan kemampuan kinerja mahasiswa yang meliputi aspek: mempersiapkan alat dan bahan, melaksanakan (melakukan eksperimen), dan menggunakan hasil pengukuran untuk menarik kesimpulan.
The prurposes of the research were to improve learning motivation and develop performance skills of students in doing experiment through the use of Combination Experiment Laboratory by Simulation (CELS) on elasticity experiment of rigid body. CELS is an experiment activity combining between verification and computer-based experiments including either computer simulation or video developed from the internet. This research used R&D method and its research subjects were “Basic Physics Experiment†students of an education institute located in West Java. The research stages developed were analyzing the need, designing the course, developing the media, evaluating the product consisting of expert validation, one to one evaluation, small group evaluation and field evaluation, and producing CELS final product.  Research data were gathered by using student learning motivation questionnaire and performance assessment based observation sheet. The Liker scale analysis was used in order to gain the percentage of learning motivation achievement, while the rating scale was used to gather performance assessment. The result showed that the use of CELS can increase the learning motivation of the students and develop performance skills of students including preparing tools and material, performing the experiment and using the measurement result to derive the conclusion.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aleksandrova, A. & Nancheva, N. 2007. Electromagnetism: Interaction of Simulation and Real Lab Experiment. International Journal “Information Technologies and Knowledgeâ€. 1 (2): 44-50
Arikunto, S. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Borg, W.R. & Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction. New York: Longman
Hidayat, D. 2006. Peran Penelitian Research and Development dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Makalah tidak diterbitkan. Ban-dung: UPI
Margono, H. 2000. Metode Laboratorium. Malang: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang Press
Marzano, R.J. et al. 1994. Assessing Student Outcomes: Performance Assessment Using the Dimensions of Learning Model. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development
NRC (National Research Council). 2000. National Science Education Standards. Washington: National Academy Press
NSTA. 1998. Standard for Sience Teacher Preparation. Washington DC: National Academy Press
Nihalani, P.K., Mayrath, M. & Robinson, D.H. 2011. When Feedback Harms and Collaboration Helps in Computer Simulation Environments: An Expertise Reversal Effect. Journal of Educational Psychology. 103 (4): 776–785
Oral, I., Bozkurt, E., & Guzel, H. 2009. The Effect of Combining Real Experimentation With Virtual Experimentation on Students’ Success. World Academy of Science, Engineering and Technology. 54 (1): 1603-1608
PUSKUR. 2006. Model Penilaian Kelas Kurikulum Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas
Sadiman. 2008. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sahin, S. 2006. Computer Simulation in Scence Education: Implications for Distance Education. Turkish Online Journal of Distance Education-TOJDE. 7 (4): 132-146
Samsudin, A., Suhendi, dan Solikhin, D. 2007. Kegiatan Praktikum dan Inkuiri. Makalah Tidak Dipublikasikan. Bandung: SPs UPI
Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif. 2 (2): 68-73
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Ban-dung: Alfabeta
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Tolga, G. 2011. Exploring of Students’ Performances, Motivation Processes and Learning Strategies in Studio Physics. Lat. Am. J. Phys. Educ. 5 (1): 154-161.
Ünlü, Z. K. & Dökme, I. 2011. The Effect of Combi-ning Analogy-Based Simulation and Laboratory Activities on Turkhis Elementary School Students’ Understanding of Simple Electric Circuits. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology. 10 (4): 320-329
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License