PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BAGI SISWA SMP NEGERI DI DAERAH TERTINGGAL

K. Amiruddin(1), Supriyatman -(2),


(1) Jl. Sukarno Hatta Kel. Tondo Kec Palu Timur Palu Sulawesi Tengah 94118
(2) Jl. Sukarno Hatta Kel. Tondo Kec Palu Timur Palu Sulawesi Tengah 94118

Abstract

ABSTRAK
Telah dihasilkan perangkat pembelajaran berupa Buku ajar, silabus, dan RPP yang menggunakan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran SMP di daerah tertinggal se kabupaten Parigi Moutong. Buku ajar ini berisi kompetensi, indikator dan tujuan pembelajaran, konsep-konsep esensial berdasarkan kurikulum 2006, kegiatan siswa berupa petunjuk percobaan, gambar dan foto, contoh soal, dan latihan soal.  Hasil ujicoba di kelas IX SMP SATAP Negeri 1 Desa Petunasugi Kecamatan Bolano Lambunu menunjukkan bahwa rerata tanggapan guru terhadap produk perangkat  pembelajaran berkategori baik dan sangat baik rerata 75,6%. Sedangkan tanggapan siswa terhadap produk Buku ajar yang berkategori baik dan sangat baik rerata 87,7%. Hasil belajar siswa rerata meningkat 69,0% dengan ketuntasan individu 70% dan klasikal 74,9%. Hasil ini menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan mempunyai tanggapan positif dari guru maupun siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

ABSTRACT
Learning instrument has been produced in the form of teaching material, syllabus, and lesson plans using learning cycle model to improve the quality of learning of junior high school students in Moutong Parigi district area. The teaching material  contains competencies, indicators and goals of learning, essential concepts based on curriculum 2006, the activities of students in a form of experimental instruction, pictures and photos, problem examples, and exercises. Test result in class IX SATAP SMP Negeri 1 Petunasugi kecamatan Bolano Lambunu showed that the average teacher's response to the learning materialwasin a very good category (75.6%). The average response of students to the learning material was in very good category (87.7%). Student learning outcomes increased 69.0% with 70% individuals and 74.9% classicalcompleteness. These results indicate that the developed learning instrument got a positive response from teachers and students and can improve student learning outcomes.

Keywords

Daerah Tertinggal; Learning Cycle; Learning Instrument

Full Text:

PDF

References

Barman Charles. 1989. The Learning Cycle. Journal Science and Children. 26(7). pp 30-32

Bybee, W.R , Trowbridge L.W. 1996. Teaching Secondary School Science : Strategies for Develoving Scientific Literacy . New Jersey :Merrill Publishing .

Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Learning and Teaching (CTL)) . Jakarta : Direktorat SLTP Depdiknas.

Hanuscin, Deborah. 2013. Breaking the Cycle: Supporting Elementary Teachers’ Undertanding and Ability to Apply 5E Model. ASTE.

Karhami,S. Karim.A,.1998. Panduan Pembelajaran Fisika SLTP. Jakarta:Depdiknas.

Korsunsky. Boris. 2004. Ready, SET, Go! Aresearch-Based Approach to Problem Solving. Jurnal The Physics Teacher vol 42 p:493-497.

Meltzer, E.D. (2002). The Relationship between Mathematics Prepartion and Conceptual Learning Gains in Phisics: A possible Hidden Variable in Diagnostic Pretes Score. American Journal of Physics. 70 (2), 1259-1268.

Nur, Mohamad . 1997. Konsep Tentang Arah Pengembangan Pendidikan IPA SMP dan SMU Dalam Waktu 5 tahun Yang Akan Datang. Media Pendidikan Juli 1997 hal.22-39.

Stewart, Mark and Stavrianeas, Stasinos. 2008. Adapting the Learning-Cycle to Enrich Undergraduate Neuroscience Education for All Students. Salem: The Journal of Undergraduate Neuroscience Education (JUNE), Spring 2008, 6(2):A74-A77

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tim Piloting Kimia dan LC IMSTEP JICA FMIPA UM. 2003. Pembelajaran Kimia Dengan Pendekatan Learning Cycle dan Problem Posing. Majalah Pendidikan Gerbang .Edisi 2 Th.III Agustus 2003 hal: 45-47

Widodo, S. 1999. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Daur Belajar . Tesis Magister Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Zainuddin .2002. Penerapan Perangkat Pembelajaran Listrik Statis Dengan Model Siklus Belajar Untuk SLTP. Tesis Magister Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License