PENGEMBANGAN WEB INTRANET FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMK
(1) Program Studi Magister Pendidikan IPA UNRAM, Indonesia
(2) SMKN 2 Praya Tengah Lombok NTB, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran web intranet fisika dan mengetahui pengaruhnya terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan model Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi tiga tahap, yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan media,dan tahap uji coba media. Tahap studi pendahuluan dilaksanakan dengan studi kepustakaan dan survei awal. Tahap pengembangan media menghasilkan draf awal media. Penelitian dilanjutkan dengan tahap implementasi uji coba terbatas dan uji coba lebih luas media pembelajaran web intranet fisika di SMKN 2 Praya Tengah. Pembelajaran materi usaha, energi, dan daya di kelas eksperimen menggunakan web intranet fisika sedangkan di kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Kedua kelas dianalisis menggunakan uji perbedaan rata-rata (Uji t atau Uji Mann-Whitney) dan skor gain ternormalisasi (N-gain). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran web intranet fisika efektif meningkatkan penguasaan konsep tetapi tidak efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMK.
ABSTRACT
The research was aimed at developing a learning media of physics intranet web and knowing its impacts to the student’s concept comprehension and problem solving skills. The research used a research design and development model of Borg and Gall which was modified into three stages; those were stage of preliminary study, stage of media development, and stage of media testing.The stage of preliminary study was conducted by having literature review and initial survey. Furthermore media development generated an initial draft of media. The research was continued with the stage of limited testing and more extensive testing implementation of physics intranet web learning media at SMKN 2 Praya Tengah. The learning material of work, energy and power in the experimental group used the physics intranet web, while the control group used regular teaching. The data from both groups were analyzed using difference of means test (t-test or Mann-Whitney test) and normalized gain score (N-gain). The findings showed that learning of physics intranet web was effective to improve concept comprehension but ineffective to improve problem solving skills of the students of SMK.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Belinda, S.T & Tse-Kian, N. (2007).Interactive Multimedia Learning: Student’s Attitudes And Learning Impact In An Animation Course. The Turkish Online Journal of Educational Technology 6(4): 28-37.
Berta, S & Pohan, H.I. (2005). Pemrograman Web dengan HTML.Bandung : Penerbit Informatika.
Charles, B.A & Totimeh, F. (2012). Teacher’s innovative use of computer technologies in classroom: A case of selected Ghanaian schools. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology 8(3): 22-34.
Dahar, R.W. (2011). Teori-teori belajar dan Pembelajaran.Jakarta : Penerbit Erlangga.
Faizin, M.N. (2009).Penggunaan model pembelajaran Multimedia interaktif (mmi) pada konsep listrik Dinamis untuk meningkatkan penguasaan konsep Dan memperbaiki sikap belajar siswa. (online) : http://file.upi.edu/.../35_PENGGUNAAN_MODEL_PEMBELAJARAN_MULTIMEDIA_INTERAKTIF_(MMI).pdf, diakses tanggal 12 Maret 2013.
Firdaus. (2009).Integrasi Product Design and Manufacturing dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Austenit 1(2) : 38-47.
Gok, T. (2010). Using Computer-Assisted Personalized vassignment System In Avlarge-Enrollment General Physics. European J Of Physics Education 1: 28-43.
Irvan, F & Corlu M.A. (2011).Contribution of Video Analysis of Elevator Experiments to Physics Achievement.Eurasian J. Phys. Chem. Educ(jan): 2-8.
Jozwiak, J. (2004). Teaching Problem Skills to Adults. MPAEA Journal of Adult Education Volume XXXIII(1) : 19-34.
Hendra, J. (2012). Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Kegiatan Praktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi 2(1) : 81-90.
Karang. (2009). Penerapan Strategi Belajar Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kompetensi Dasar Fisika Siswa Kelas XI Jurusan TMM SMKN 3 Singaraja.Jurnal Pendidikan Kerta Mandala1(1).
Lee, W.W. & Diana, L.O. (2004).Multimedia-based instructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solutions. San Francisco : John Wiley & Sons, Inc.
Maria, H.T. (2010).Implementasi Pembelajaran Multimodel Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Dasar Fisika Di SLTP.Jurnal PMIPA Universitas Tanjungpura Pontianak.
Mendez dan Slisko. (2013). Software Socrative and Smartphones as Tools For Implementation of Basic Processes of Active Physics Learning in Classroom: An Initial Feasibility Study With Prospective Teachers. European J Of Physics Education 4(2) : 17-24.
Pressman, R.S. (2002). Rekayasa Perangkat Lunak: pendekatan praktisi. Yogyarkarta : Penerbit Andi.
Pullen, D. (2013). Doctors online: Learning using an internet based content management system. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology 9(1) : 50-63.
Setyosari. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Shelly & Vermaat. (2008). Discovering Computers Fundamentals Fifth Edition. Boston : Course Technology, Cengaage Learning.
Soejoto. (2010). Dukungan Dunia Industri dan Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat terhadap Mutu Kompetensi Produktif di Daerah Jawa Timur.Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan8(3).
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Syafrizal, M. (2005). Pengantar Jaringan Komputer. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Wyld. (2010). The Cloudy Future of Government IT: Cloud Computing and The Public Sector Around The World. International Journal of Web & Semantic Technology (JWesT) 1(1):1-20.
Zulkardi & Ilma, R. (2010). Pengembangan Blog Support Untuk Membantu Siswa Dan Guru Matematika Indonesia Belajar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Informasi dan Perekayasa Pendidikan (JIPP) 2(1): 1-24.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License